Wonosobo Siap Berlakukan Daltrans, Dinilai Sangat Mirip PSBB

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Meski belum memutuskan untuk dilakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di daerah, namun sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona (Covid-19), Pemkab Wonosobo melalui Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) akan tegas mengendalikan moda transportasi (Daltrans) baik keluar maupun masuk Wonosobo. Selain wajib mentaati protokol kesehatan, pengendara juga wajib membawa surat jalan dari RT maupun RW setempat.

“Pembatasn moda transportasi ini akan diberlakukan mulai 8-31 Mei mendatang. Sejauh ini baru tahap sosialisasi dan uji coba. Semoga ketika diberlakukan nanti bisa dipatuhi seluruh lapisan masyarakat,” papar Kepala Disperkimhub Wonosobo Bagyo Sarastono ketika meninjau hari pertama uji coba Daltrans di Terminal Induk Wonosobo, Senin (4/5/2020).

Uji coba Daltrans yang dinilai sejumlah pihak sangat mirip PSBB ini, akan berlangsung 4-7 Mei. Dalam Daltrans ini, jelas Bagyo, bukan PSBB dan tidak ada pembatasan aktivitas maupun larangan jalan pelaku perjalanan, baik dari luar maupun hendak masuk wilayah Wonosobo. Namun demikian sejumlah aturan ketat akan diterapkan, termasuk di dalamnya kewajiban setiap warga yang hendak melakukan perjalanan keluar atau dari luar daerah, wajib melengkapi diri dengan surat jalan dari RT-RW tempat yang bersangkutan tinggal.

“Bagi kendaraan dari luar daerah yang hendak masuk wilayah Wonosobo, namun tidak dilengkapi surat perintah perjalanan, maka petugas di Posko Gugus Tugas Covid-19 perbatasan diperbolehkan menerapkan protokol penghentian dan penghalauan kendaraan,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI