World Clean Up Day: JCI Yogyakarta Bersihkan Pantai Dewaruci

Editor: Ary B Prass

PURWOREJO, KRJOGJA.com- Junior Chamber International (JCI) Chapter Yogyakarta dan Pemkab Purworejo melakukan kegiatan bersih Pantai Dewaruci di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Sabtu (16/10/2021).

Kegiatan dalam rangka World Clean Up Day atau Hari Pungut Sampah Dunia itu berhasil membersihkan sampah pada garis pantai sepanjang satu kilometer.

Dalam kegiatan itu, hadir Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM, Kepala Dinas LH Al Bambang Setyawan SSos, Plt Kepala Dinparbud Agung Wibowo AP MM, Forkopimcam Purwodadi, serta JCI Chapter Yogyakarta.

Dalam kegiatan itu, relawan JCI dan pemkab membawa kantung plastik besar lalu menyusuri pantai dan mengambil sampah. JCI juga menyerahkan bantuan tempat sampah untuk Pantai Dewaruci. Selain membersihkan area pantai, bupati bersama warga menanam pohon kelapa genjah di salah satu sudut pantai.

Ketua panitia JCI Chapter Yogyakarta Lucky Hadi Kurnia mengatakan, kegiatan tersebut adalah bagian dari misi organisasi. “Kami punya tanggung jawab sosial dalam menjaga lingkungan tetap bersih. Kali ini kami sasarannya ke Pantai Dewaruci,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga menjadi cara JCI menanamkan kepedulian lingkungan kepada masyarakat. Masih ada pengunjung yang membuang sampah ketika berwisata ke Pantai Dewaruci.

Memamg banyak wisatawan yang berkunjung ke obwis terbesar di Kabupaten Purworejo ini yang membuang sampah bekas makanan dan minuman sembarangan.

“Tentu harus selalu diedukasi, bahwa kebersihan lingkungan itu penting, jika pantai bersih, maka objek wisata semakin indah,” ungkapnya.

 

BERITA REKOMENDASI