Zebra Candi Tekan Angka Kecelakaan di Purworejo

PURWOREJO (KRjogja.com) – Operasi Zebra Candi 2016 berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Purworejo. Selama lima hari pelaksanaan operasi, baru terjadi tiga kecelakaan yang ditangani Satlantas Polres Purworejo.

Padahal sebelum pelaksanaan operasi, rata-rata terjadi tiga kecelakaan lalu lintas setiap hari. "Kecelakaan turun signifikan, tiga peristiwa yang terjadi lima hari terakhir adalah kecelakaan ringan," kata AKP Johan Valentino Nanuru, Kasat Lantas Polres Purworejo kepada KRjogja.com, Senin (21/11/2016) malam.

Turunnya angka kecelakaan mengindikasikan semakin patuhnya pengguna jalan. Penindakan pelanggaran dengan intensitas sering membuat pengguna jalan memperhatikan kelengkapan kendaraan.

Menurutnya, kepatuhan berkendara berhubungan dengan tingkat kecelakaan. "Pelanggaran lalu lintas bermuara pada kecelakaan. Bayangkan sepeda motor boncengan tiga atau tidak pakai helm, tinggi risiko kecelakaannya," tegasnya.

Ditambahkan, usaha menekan kecelakaan juga dilakukan dengan menggelar operasi di pelosok Purworejo. Kegiatan antara lain dilaksanakan di wilayah Kecamatan Grabag. Polisi menindak puluhan pengendara motor dan mobil yang melanggar.

AKP Johan mengatakan, operasi di Grabag karena dalam survey, tingkat kecelakaan di wilayah itu termasuk tinggi. "Angka kecelakaan tinggi, pelanggaran terutama oleh pelajar juga cukup masif. Kami ingin menekan pelanggaran itu sehingga kecelakaan juga rendah," tandasnya.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI