Kendal Bakal Pelopori Data Rekam Medis Terintegrasi Ke Fasilitas Kesehatan

Editor: Ary B Prass

KENDAL, KRjogja.com- Era digitalisasi benar-benar akan ditetapkan oleh Bupati Kendal yang milenial Dico Ganinduto. Bagaimana tidak saat ini sedang dipelopori untuk perekaman data kesehatan atau data media yang langsung terintegrasi dengan seluruh fasilitas kesehatan di Kabupaten Kendal.

Untuk bisa membuat hal itu terjadi Bupati Dico melakukan oenandatangana kerja sama dengan PT Administrasi Medika untuk mewujudkan digitalisasi Kesehatan 4.0 di Kabupaten Kendal. Kerjasama ini sebagai upaya mewujudkan pelayanan Kesehatan di Kabupaten Kendal yang efektif dan efisien.

  • “Dengan adanya kerjasama tersebut, nantinya rekam medis yang terdigitalisasi akan terfasilitasi di seluruh fasilitas kesehatan se-Kabupaten Kendal,” ujar Dico Minggu (13/6/2021).

    Lebih lanjut Bupati Dico mengatakan MoU dengan PT Administrasi Medika diharapkan akan memudahkan pengambilan keputusan terkait Kesehatan “MoU dengan PT Administrasi Medika yang diharapkan dapat menghubungkan semua data di seluruh rumah sakit dan puskesmas, sehingga kita bisa menganalisis dan segera mengambil keputusan terbaik dalam penindakan,” lanjutnya.

    Data kesehatan di Kabupaten Kendal nantinya akan terpusat dan terintegrasi dengan Command Center yang dapat terpantau secara realtime melalui Electronic Health Record (EHR). Adanya EHR juga akan memudahkan para tenaga medis dalam mengetahui rekam medis pasien sekaligus memberikan kemudahan untuk mendiagnosa dan mengambil tindakan dalam pengobatan.

    Terintegrasinya data juga akan memudahkan pemantauan kondisi kesehatan 1 juta penduduk di Kabupaten Kendal. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Kendal sangat concern terhadap penanganan Covid-19 dan stunting. Data dan informasi yang terintegrasi akan memudahkan pengambilan keputusan kedepannya.  (Ung)

BERITA REKOMENDASI