11.500 Jiwa di Zona KRB III, Empat Lansia Tinggal di Balai Desa

KLATEN, KRJOGJA.com – Sebanyak empat orang lanjut usia warga Balerante, Kemalang, Klaten, memilih tinggal di titik kumpul, yakni di Balai Desa Kemlaang, Klaten. Hal itu menyusul adanya beberapa kali erupsi freatik Gunung Merapi.

Perangkat Desa Balerante, Jainu, Selasa (22/5/2018) mengemukakan, saat kejadian Senin (21/5) malam, warga Balerante turun ke titik kumpul Bali Desa, untuk menghindari dampak kemungkinan terjadinya erupsi yang lebih besar.

Setelah kondisi dinilai aman, dan tidak ada perkembangan yang lebih signifikan, akhirnya warga kembali ke rumah masing-masing. Namun demikain masih ada empat warga berusia lanjut.

“Tadi malam sempat turun, tetapi sudah pulang ke rumah masing-masing. Tinggal empat warga lansia,” kata Jainu.

Di sisi lain para relawan Induk Balernate dan Rescue Turahan Awu secara bergiliran, terus melakukan pemantauan visual dan menginformasikan perkembangan Gunung Merapi melalui alat komunikasi HT maupun melalui radio Rasta FM.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani meminta masyarakat agar tetap tenang dan waspada terkait peningkatann status Gunung Merapi dari normal menjadi waspada. Termasuk siap mengantisipasi jika Merapi naik lagi statusnya dari waspada menjadi siaga. (Sit/Lia)

 

BERITA REKOMENDASI