12 Desa Di Tawangsari Bentuk Rintisan BUMDes

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 12 desa di Kecamatan Tawangsari pada tahun ini wajib membuat rintisan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kepala desa sudah diminta menyampaikan usulan atau ide berkaitan dengan apa yang akan dikembangkan.

Camat Tawangsari Suyadi Widodo, Selasa (16/01/2017) mengatakan pembentukan BUMDes sudah diwajibkan oleh Pemkab Sukoharjo. Karena itu di wilayah kecamatan tinggal mengikuti aturan yang diberlakukan. Selain itu desa juga sudah memiliki anggaran sendiri melalui dana desa untuk pengembangan BUMDes.

"Di Kecamatan Tawangsari masing masing desa sudah memiliki potensi berbeda. Seperti di Desa Majasto dengan potensi wisata religi Bumi Arum, Desa Watubonang dengan Gunung Taruwongso, Desa Pojok dengan sarung goyong," tandasnya.

Suyadi menjelaskan potensi di masing masing desa selama ini masih didiamkan begitu saja tanpa ada pengelolaan. Desa diminta membentuk BUMDes untuk pengembangan usaha bagi warga sekaligus menambah pendapatan desa. "BUMDes semakin cepat dibentuk maka membuat desa mendapat keuntungan. Sebab pengelolaan potensi bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi desa," ujar Suyadi Widodo.

Kepala Desa Majasto sekaligus Koordinator Kepala Desa Se Kecamatan Tawangsari, Rudi Hartono mengatakan, masing masing desa sudah memiliki potensi untuk dikembangkan. Selanjutnya pihak desa tinggal membentuk pengurus BUMDes untuk mengembangkannya. "12 desa di Kecamatan Tawangsari sudah bersiap membentuk BUMDes. Sekarang masih persiapan,” ujar Rudi Hartono. (Mam)

BERITA REKOMENDASI