12 Proyek Sukoharjo Dikawal TP4D

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 12 proyek yang dikerjakan Pemkab Sukoharjo mendapat pengawalan ketat dari Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D). Pengawalan dilakukan agar setiap proses yang dikerjakan dapat berjalan lancar tanpa terjadinya penyimpangan. 

Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo Joanes Kardinto, Kamis (18/7) mengatakan, sebanyak 12 proyek yang mendapat pengawalan dari TP4D pada tahun 2019. Rinciannya, tujuh proyek dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo mayoritas berupa pembangunan jalan. Selain itu proyek dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah pembangunan dua pasar tradisional.

TP4D juga mengawal dua proyek pembangunan dari Pemerintah Desa Kertonatan dan Pemerintah Desa Wirogunan, Kecamatan Kartasura semua berupa pembangunan gedung serbaguna. Satu proyek lagi yakni pengadaab mebeler untuk kantor baru DPRD Sukoharjo di wilayah Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo Kota.

"Proyek tersebut semua sudah dalam proses lelang. Bahkan beberapa diantaranya telah selesai dan dikerjakan pembangunan semisal jalan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo," ujarnya.

Sebelum dilakukan pendampingan pihak Kejari Sukoharjo terlebih dahulu menerima paparan dari pelaksana proyek. Dengan demikian maka jelas mengenai teknis pembangunan dan anggaran yang akan digunakan.  "Paparan dan lelang sudah dan nanti tinggal pengawalan pada saat pelaksanaan proyek pembangunan," lanjutnya.

Kejari Sukoharjo berharap dengan adanya pengawalan dari TP4D tidak ada temuan kasus penyimpangan proyek. Sebab setiap langkah pembangunan dan penggunaan anggaran selalu terpantau oleh tim petugas.  

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa mengatakan, proyek pembangunan yang akan dikerjakan Pemkab Sukoharjo akan melibatkan pendampingan dari TP4D. Pendampingan sangat perlu dilakukan agar proyek pembangunan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan aturan yang berlaku. (Mam)

BERITA REKOMENDASI