13 Parpol Ikuti Proses Verifikasi Pemilu 2019

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI (KRjogja.com) – KPU Boyolali menyerahkan berita acara penelitian administrasi perbaikan kepada partai politik di Boyolali, Selasa (12/12), untuk syarat mengikuti Pemilu 2019. Di Boyolali, ada 13 parpol yang mengikuti proses administrasi untuk Pemilu 2019.

 

Anggota Komisioner KPU Boyolali, Ali Fachrudin menjelaskan, seluruh hasil verifikasi administrasi akan diteruskan ke KPU Pusat dan akan langsung disimpulkan hari ini, apakah parpol bersangkutan lolos verifikasi administrasi. Sebab salah satu persyaratan administrasi yakni adanya syarat kelengkapan 100 persen kepengurusan di tingkat provinsi, 75 persen di tingkat kabupaten/kota, serta 50 persen di tingkat desa. "Terkait parpol yang lolos sepenuhnya di tingkat pusat. Kita hanya melakukan verifikasi dan menyampaikan hasilnya," terangnya.

Dari proses penelitian perbaikan berkas administrasi yang dilakukan, yakni penelitian jumlah minimal keanggotaan sebanyak 989 anggota atau 1/1.000 dari jumlah penduduk Boyolali, semua parpol sudah memenuhi syarat jumlah minimal. Hanya dalam proses tersebut, dua partai, yakni PKS dan Golkar, tak melakukan perbaikan administrasi sebab meski ada kesalahan data, namun jumlah syarat minimal keanggotaan sudah terpenuhi pada verifikasi tahap pertama. "Setelah ini akan kita lakukan verifikasi faktual dengan metode sampling,"

Ali menambahkan, rata-rata kesalahan input data yang terjadi yakni adanya keanggotaan ganda, satu nama yang terdaftar di dua parpol, adanya nama anggota TNI, Polri, dan PNS yang tercatat dalam keanggotaan,serta ada nama anggota yang masih di bawah umur. "Untuk nama-nama anggota TNI, Polri dan PNS yang terdaftar dalam anggota parpol, sudah kita verifikasi dan mereka menyatakan bukan anggota parpol. Sementara untuk anggota di bawah umur karena kesalahan penulisan," tambahnya.

Dijelaskan lebih jauh, terdapat 13 parpol di Boyolali yang mengikuti proses verifikasi, diantaranya adalah parpol muka baru, yakni Partai Berkarya, PSI, dan Partai Garuda. Sementara partai muka lama yang tak ikut proses verifikasi untuk Pemilu di Boyolali yakni Partai Hanura. "Hanura tak mengikuti proses pendaftaran di boyolali," (Gal)

 

BERITA REKOMENDASI