130 Anggota Polres Klaten Test Kesehatan Jiwa

KLATEN, KRJOGJA.com – Sebanyak 130 anggota Polres Klaten mengikuti tes kesehatan jiwa sebagai persyaratan kelayakan pemegang senjata api dinas. Kegiatan tersebut diselenggarakan di aula Satyahaprabu, Senin (11/11).

AKBP Supramu, dari Biddokkes Polda Jateng mengemukakan, mulai tahun ini para pemegang senjata api dinas wajib melaksanakan pemeriksaan kesehatan jiwa. Hal ini untuk memastikan anggota pemegang senpi dinas, sehat secara kejiwaan, atau tidak bermasalah.

Lebih lanjut AKBP Supramu menjelaskan, Biddokkes Polda Jateng mendatangi semua Polres di Jawa Tengah. Terdapat empat tim, yang diterjunkan oleh melakukan pemeriksaan kesehatan jiwa serentak dalam waktu sekitar dua minggu.

Hasil dari test akan adibawa ke Semarang untuk discan, sehingga mendapatkan grafik kejiwaan dari para anggota yang telah menjalani test tersebut.

“Semua anggota Polri kan pernah menjalani test kesehatan jiwa, tapi ini sebagai screening. Kan tidak semua anggota Polri memegang senjata, jadi ini dilakukan khusus untuk anggota Polri yang memegang senjata dinas. Dengan test MMPI, nantinya yang membaca psikiater, dan hasilnya akan dikriirm ke masing-masing Polres. Akan diketahui mana yang layak pegang senjata dan mana yang tidak. Kami hanya akan memberikan rekomendasi, sedangkan berwenang memberikan ijin atau mencabut ijin pemegang senjata api adalah Kapolres,” kata AKBP Supramu.

Test kesehatan jiwa di Polres Klaten diikuti sebanyak 130 anggota, teridri 120 orang pemegang senpi, dan 10 anggota yang sedang diusulkan untuk mendapatkan ijin membawa senpi dinas.(Sit)

 

BERITA REKOMENDASI