131 Calon Anggota Panwascam Ikuti Tes Tertulis

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Lima dari total 136 orang calon anggota panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) absen tidak mengikuti tes tertulis dan langsung dinyatakan gugur. Sedangkan 131 orang lainnya mengikuti tes dan akan diambil enam orang terbaik di masing masing kecamatan.

Komisioner Panwaskab Sukoharjo Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Rochmad Basuki, Sabtu (16/9/2017) mengatakan, tes tertulis digelar pada Sabtu (16/9) di auditorium Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo dan wajib diikuti oleh semua calon anggota panwascam. Tes dilakukan sebagai bagian dari seleksi untuk menentukan lolos tidaknya calon anggota panwascam.

Calon anggota panwascam yang tidak datang maka secara otomatis langsung dinyatakan gugur. Lima orang absen tanpa keterangan dan tidak berhak mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Sebelum dilaksanakan tes tertulis, panitia telah memberikan informasi kepada seluruh peserta.

Lima orang calon anggota panwascam yang tidak mengikuti tes tertulis berasal dari Kecamatan Weru sebanyak dua orang. Sedangkan tiga orang lainnya masing masing satu orang berasal dari Kecamatan Nguter, Grogol dan Polokarto.

Sebanyak 131 peserta mengikuti tes tertulis dari awal sampai akhir. Mereka selanjutnya tinggal menunggu hasil penilaian yang ditentukan panitia.

“Panwaskab Sukoharjo akan memutuskan enam peserta terbaik di masing masing kecamatan. Mereka selanjutnya akan mengikuti tes wawancana pada 19 – 20 September,” ujarnya.

Komisioner Panwaskab Sukoharjo, Dvisi Penindakan dan Pelanggaran Eko Budiyanto mengatakan, naskah soal tes tertulis calon anggota panwascam berasal dari Bawasprov. Soal dibawa dalam keadaan masih disegel. Pembukaan amplop naskah soal dilakukan dengan menunjukan kepada sejumlah saksi. Hal itu dilakukan sebagai bentuk tranparansi dan keterbukaan sekaligus menghindarkan kecurangan.

Panwaskab Sukoharjo melihat jumlah peserta tes tertulis calon anggota panwascam sangat banyak lebih dari 100 orang. Hal itu menunjukan tingginya animo masyarakat untuk mengikuti proses tahapan menjadi calon anggota panwascam.

“Seleksi calon anggota panwascam juga melibatkan masyarakat dengan meminta memberikan masukan kepada Panwaskab Sukoharjo. Masukan dari masyarakat kami layani melalui email ke panwaskabupatensukoharjo25@gmail.com. Kami tunggu hingga 20 September,” ujarnya. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI