15.642 Murid SD Ikuti USBN

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Sebanyak 15.642 siswa dari 796 Sekolah Dasar di Boyolali mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sejak Kamis hingga Sabtu (3-5/5). Berbeda dari tahun sebelumnya, USBN kali ini juga menyertakan soal uraian atau esai. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali, Darmanto, Jumat (4/5) menjelaskan, jika tahun sebelumnya USBN hanya berupa soal pilihan ganda, tahun ini jumlah soal sebanyak 40 soal dan lima soal uraian atau esai. 

Untuk soal esai, pihaknya melakukan penilaian secata manual dengan melibatkan dua orang pengoreksi. Nilai USBN nanti adalah hasil dari gabungan dua konsep soal tersebut. 

"Ini merupakan pekerjaan yang cukup sulit karena ada soal esai. Tapi kami minta nanti bisa dikoreksi seobjektif mungkin, jangan sampai merugikan peserta didik, tegasnya.  

Dalam pelaksanaan USBN kali ini, pihaknya menargetkan tiga hal, yakni sukses pelaksanaan, sukses prestasi dan sukses administrasi. "Prestasi bagus, tapi integritas juga harus bagus," (Gal)

 

BERITA REKOMENDASI