15.975 Petugas Telah Jalani Rapid Tes

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Total sebanyak 15.975 orang petugas penyelenggara Pilkada 2020 bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah menjalani pemeriksaan rapid tes. Rinciannya, sebanyak 12.425 orang Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dan 3.550 orang petugas keamanan dan ketertiban (Trantib).

Mereka diperiksa untuk mengetahui kondisi kesehatan petugas apakah tertular virus corona atau tidak. Hal itu penting mengingat pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember mendatang digelar ditengah pandemi virus corona.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo Nuril Huda, Sabtu (05/12/2020), mengatakan, rapid tes wajib diikuti oleh petugas penyelenggara Pilkada 2020, termasuk diantaranya KPPS dan Trantib yang bertugas di TPS pada 9 Desember mendatang. Sebanyak 15.975 orang tersebut rinciannya, 12.425 orang KPPS dan 3.550 orang Trantib.

KPU Sukoharjo masih menunggu hasil rapid tes terhadap KPPS dan Trantib dari Gugus Tugas Percepetan Penanganan Virus Corona Sukoharjo. Hasil tersebut nantinya akan dipakai sebagai dasar pelaksanaan tugas terhadap KPPS dan Trantib.

“Pilkada 2020 digelar masih ditengah pandemi virus corona membuat KPU Sukoharjo sesuai regulasi yang ada melakukan antisipasi sekaligus pengecekan kondisi kesehatan petugas terhadap penularan virus corona,” ujarnya.

Anggota KPU Sukoharjo Divisi Sosialisasi, Suci Handayani, mengatakan, penyiapan petugas dilakukan tidak hanya bertugas berkaitan dengan soal kepemiluan saja, namun juga penegakan protokol kesehatan. Kondisi tersebut membuat KPU Sukoharjo melakukan pengetatan penyelenggaraan agar tidak muncul klaster baru penularan virus corona saat pemilu digelar. (Mam)

BERITA REKOMENDASI