15 Desember Dana Desa Tahap Kedua Cair

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Semua desa wajib mengajukan proses pencairan dana desa tahap kedua sebesar 40 persen maksimal 15 Desember. Sedangkan penggunaan dana untuk pembangunan dan pengumpulan laporan pertanggungjawaban (Lpj) diberi waktu hingga akhir Desember.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermades) Sukoharjo YC Sriyana, Rabu (14/12/2016) mengatakan, dari total 150 desa hingga sekarang masiha da 3 desa yang belum mengajukan proposal pencairan dana desa tahap kedua. Ketiga desa terus diajak komunikasi karena batas waktu proses pengajuan pencairan tinggal satu hari.

Batas maksimal 15 Desember diberikan kepada desa karena mengejar sisa waktu. Sebab seluruh dana harus sudah dicairkan dan digunakan desa sesuai dengan perencanaan. Apabila meleset maka menjadi tanggungan desa gagal melakukan pembangunan.

“Minimal desa sudah mengajukan proses seperti pengajuan proposal pencairan ke DPPKAD. Setelah itu baru bisa cair dan desa diberi waktu maksimal 15 Desember,” ujar YC Sriyana.

Bapermades Sukoharjo siap membantu apabila ada desa yang mengalami kesulitan. Konsultasi dengan petugas terkait juga sudah disiapkan seperti melibatkan DPPKAD dan DPU. “Sisa waktu yang ada terus dimaksimalkan. Jangan sampai proses pencairan terlambat dan mengganggu pembangunan desa,” lanjutnya.

Wakil Bupati Sukoharjo, Purwadi menambahkan, desa yang belum mengajukan proposal pencairan dana desa diminta untuk segera bergerak cepat. Sebab sisa waktu maksimal tinggal satu hari yakni 15 Desember. “Saya belum dapat laporan. Tapi desa yang belum mengajukan pencairan saya minta gerak cepat,” ujar Purwadi.

Purwadi mengatakan, akan meminta data resmi kepada Bapermades mengenai perkembangan baik penggunaan maupun pencairan dana desa tahun 2016. Sebanyak tiga desa yang diketahui belum mengajukan proposal pencairan harus dicari tahu akar permasalahannya. Apakah ada kendala teknis atau ketidakmampuan sumber daya manusia (SDM) di desa tersebut. (Mam)

BERITA REKOMENDASI