16 Siswa Mengundurkan Diri dari UN

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 16 dari total 12.034 siswa SMP/MTS negeri dan swasta di Sukoharjo tidak mengikuti Ujian Nasional (UN) karena mengundurkan diri mengikuti orang tua pindah rumah ke luar daerah. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo sebenarnya sudah mengajukan revisi data peserta UN ke pusat namun ternyata 16 siswa tersebut masih tercatat.

Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Dwi Atmojo Heri, Kamis (04/05/2017) mengatakan, sebanyak 16 siswa tersebut diketahui sudah tidak mengikuti UN sejak hari pertama digelar Senin – Kamis (02-04/05/2017). Posisi tempat yang sudah disediakan pihak sekolah tetap dibiarkan kosong.

Sementara itu pada hari ketiga Kamis (04/05/2017) diketahui ada satu siswa yang tidak mengikuti UN karena alasan sakit. Siswa tersebut masih diberikan kesempatan mengikuti UN susulan.

Sebanyak 16 siswa yang mengundurkan diri tidak mengikuti UN berasal dari berbagai sekolah. Tiga siswa dari SMPN, delapan siswa dari SMP swasta dan lima dari MTS. “Siswa tersebut mengundurkan diri sebagai peserta UN dan keluar dari sekolah karena mengikuti orang tua pindah ke luar daerah. Keluarga pindah karena pergi merantau,” ujar Dwi Atmojo Heri.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo tidak bisa berbuat banyak atau memaksakan siswa ikut UN, siswa tersebut harus mengikuti orang tua pergi merantau ke luar daerah. Siswa yang tidak ikut UN secara otomatis nantinya tidak akan mendapatkan ijazah kelulusan SMP/MTs.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo sebenarnya menyesalkan nasib para siswa karena tinggal selangkah lagi mengikuti UN dan memiliki ijazah SMP. Sementara itu mundurnya sebanyak 16 siswa mengurangi secara keseluruhan total peserta UN SMP/MTs di Sukoharjo. Data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo diketahui ada sebanyak 12.034 siswa SMP/MTS negeri dan swasta di Sukoharjo terdaftar sebagai peserta UN.

UN digelar dengan sistem berbeda yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).  Peserta UNBK ada 10.999 siswa dan UNKP 1.035 siswa.

Sedangkan ruang yang digunakan UNBK 147 dan UNKP 57. Jumlah peserta UN tingkat SMP negeri ada sebanyak 8.007 siswa sebagai peserta UNBK. Sedangkan peserta UNKP ada sebanyak 202 siswa. SMP swasta ada 1.565 siswa peserta UNBK dan 31 siswa UNKP. MTS negeri 673 siswa UNBK, MTS swasta 754 siswa UNBK dan 833 siswa UNKP. (Mam)

BERITA REKOMENDASI