200 Relawan Siaga Merapi Diberangkatkan

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Gunung Merapi telah dinaikan status dari Waspada atau Level II menjadi Siaga atau Level III beberapa waktu lalu. Kondisi saat ini sudah terdapat warga dengan kategori kelompok rentan yang berada di kawasan rawan bencana (KRB) III. Salah satu persiapan lain dengan mengevakuasi warga bila aktivitas Gunung Merapi meningkat.

Dijelaskan Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, pihaknya bersama sukarelawan sejumlah 200 orang dari berbagai unsur akan bersiaga di sekitar KRB.

“Seluruh relawan akan mendatangi posko lapangan di Kecamatan Selo untuk menerjunkan 200 personel terkait dengan siaga Gunung Merapi,” ungkap Kurniawan saat ditemui di kantornya, Kamis (12/11/2020).

Tugas dari para surelawan tersebut antara lain membantu distribusi logistik, membantu mengevakuasi masyarakat jika memungkinkan, membantu lalu lintas di jalur evakuasi, membantu di bidang kesehatan, dan lain sebagainya. Semua sukarelawan yang dikirim merupakan personel terbaik yang memiliki bidang keahlian tersendiri.

BERITA REKOMENDASI