210 Ton Potensi Sampah Belum Terbuang ke TPA Mojorejo

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Potensi sampah buangan masyarakat di Sukoharjo sebanyak 350 ton setiap hari. Dari jumlah tersebut hanya sebanyak 140 ton saja yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mojorejo di Desa Mojorejo, Kecamatan Bendosari. Sisanya 210 ton sampah terbuang liar disejumlah wilayah di 12 kecamatan di Sukoharjo. Karena itu penanganan sampah perlu melibatkan masyarakat dan tidak hanya dibebankan ke pemerintah saja.

Kepala DLH Sukoharjo Agustinus Setiyono, Senin (20/7/2020) mengatakan, dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi di Sukoharjo dan besarnya industri maka wajar potensi sampah buangan yang muncul sangat besar. DLH Sukoharjo mencatat dalam setiap hari ada potensi sampah buangan sebanyak 350 ton. Sampah tersebut berasal dari buangan masyarakat, pasar tradisional, pusat perbelanjaan, hotel, mall dan industri.

Sampah yang dihasilkan tersebut hanya sebanyak 140 ton saja yang masuk ke pembuangan di TPA Mojorejo. Selama proses pembuangan tersebut DLH Sukoharjo mengerahkan puluhan truk pengangkut sampah berkeliling di 12 kecamatan.

“Pengangkutan 140 ton sampah itu saja dilakukan sejak pagi hingga petang karena memang banyaknya volume sampah buangan di Sukoharjo,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI