3 Periode Jabatan Kades di Kebumen Sudah Mulai Dimanfaatkan

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Aturan yang membolehkan seorang kepala desa (kades) menjabat 3 periode jabatan, kini sudah mulai dimanfaatkan oleh sejumlah kepala desa di Kebumen yang mengikuti ajang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak sepanjang 2019.

" Sejumlah kades yang sudah dua kali menjabat memanfaatkan aturan ini untuk mengikuti Pilkades Serentak Gelombang 2 dan 3 Tahun 2019. Setelah menang, mereka pun dilantik Bupati," ungkap Kabid Administrasi Aparatur dan Kelembagaan Desa Dispermades P3A Kebumen, Banowo Andi MSi, dalam acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Calon Kepala Desa Terpilih Menjadi Kepala Desa 2019 – 2015, Rabu (11/12/2019).

Menurut Banowo aturan tentang masa jabatan kades 3 periode tersebut tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) 10 Tahun 2016 Kebumen yang merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 65 Tahun 2017.

Adapun alasan yang mendorong kades di Kebumen yang sudah 2 kali menjabat mencalonkan diri lagi untuk masa jabatan ketiga adalah usianya yang masih relatif muda dan sudah memiliki pengaruh yang kuat di tengah masyarakat setempat.

Dalam acara di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen tersebut 53 kepala desa peserta Pilkades Serentak Gelombang 2 dan 3 dilantik Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz. Dalam sambutannya Bupati Yazid menyebutkan bahwa Pilkades Serentak Kebumen dalam 3 gelombang berhasil menuntaskan pilkades di 449 desa.

"Bagi kami hal itu benar-benar luar biasa, karena hajatan di 449 desa ini berlangsung aman, lancar dan tanpa konflik. Pihak yang kalah juga legowo, menandakan masyarakat desa benar-benar sudah dewasa," ujar Bupati Yazid. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI