320 Anak Ikuti Khitan Massal

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukoharjo selenggarakan khitan massal. Jumlah peserta membludak dari target awal 300 anak meningkat menjadi 320 anak.

Ketua Penyelenggara sekaligus pengurus Baznas Kabupaten Sukoharjo Wisnu Dewantoro, Rabu (14/12/2016) mengatakan, khitan massal diselenggarakan secara gratis untuk anak warga Sukoharjo. Peserta berasal dari 12 kecamatan yang sebelumnya telah dilakukan pendataan oleh panitia. Proses khitan massal di gelar di bekas gedung Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kantor Setda Sukoharjo.

Khitan massal diselenggarakan Baznas Kabupaten Sukoharjo sebagai agenda rutin tahunan. Dalam setiap kali penyelenggaraan jumlah peserta selalu membludak termasuk pada tahun ini. Meski melebihi target namun panitia tetap memberikan pelayanan. “Jumlah peserta lebih 20 anak sebab target awal 300 anak namun saat pelaksanaan bertambah menjadi 320 anak,” ujar Wisnu Dewantoro.

Panitia dalam kegiatan khitan massal menyiapkan petugas medis dari puskesmas, RSUD dan rumah sakit swasta se Kabupaten Sukoharjo. Petugas medis sengaja disediakan dalam jumlah banyak untuk mempercepat pelayanan. “Peserta khitan massal diberikan fasilitas berupa satu paket terdiri dari uang saku Rp 75 ribu, baju koko, sarung, kopiah, tas, alat tulis,” lanjutnya.

Peserta khitan massal sebagian besar berasal dari keluarga kurang mampu. Hal itu dimaksudkan untuk meringankan beban masyarakat yang ingin mengkhitan anaknya.

Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan khitan massal yang diselenggarakan oleh Baznas. Sebab khitan massal tersebut menyasar keluarga kurang mampu. “Kegiatan ini wujud nyata Baznas membantu masyarakat salah satunya dengan khitan massal,” ujar Purwadi. (Mam)

BERITA REKOMENDASI