36.353 KPM Tercatat Sebagai Penerima BPNT

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 36.353 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tercatat sebagai penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dalam program Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong) tahun 2019. Para penerima tersebut akan dilayani 84 E-Warong tersebar disemua wilayah di Sukoharjo untuk mendapat bantuan bahan pangan seperti beras dan telur ayam.

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sukoharjo Sarmadi mengatakan, jumlah penerima BPNT dan E-Warong pada tahun 2019 masih tetap sama seperti tahun 2018. Program BPNT tetap dijalankan oleh pemerintah pusat dan ada sebanyak 36.353 KPM tercatat sebagai penerima bantuan. Data itu sudah diverifikasi dan disinkronkan antara pemerintah pusat dengan Pemkab Sukoharjo.

Para penerima bantuan BPNT dari Sukoharjo semuanya telah mendapatkan sosialisasi dari petugas Dinsos Sukoharjo. Mereka juga sudah memahami terkait aturan teknis pengambilan bantuan BPNT ke E-Warong terdekat di wilayah tempat tinggal masing masing KPM.

"Persiapan program BPNT tahun 2019 sudah dan tinggal menunggu pelaksanaan dan transfer dana dari Himpunan Bank Negara (Himbara) dalam hal ini BNI," ujar di Sukoharjo, Senin (14/01/2018).

Dinsos Sukoharjo sudah menerima jadwal resmi dari pemerintah pusat berkaitan penyaluran BPNT mulai 25 – 31 Januari. Masing masing KPM juga sudah menerima informasi jadwal pengambilan bantuan tersebut. Selanjutnya pada saat waktu yang ditentukan penerima bantuan bisa mengambil barang sesuai dengan ketentuan.

Masing masing KPM nanti akan mendapatkan barang berupa beras dan telur ayam total senilai Rp 110 ribu. Apabila diwujudkan barang maka rata rata KPM mendapatkan sekitar 8 kilogram beras dan 1 kg ayam. Meski begitu besaran barang yang diterima KPM bisa bervariasi sesuai dengan ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras dan telur ayam pada saat penyaluran bantuan BPNT.

"Pada penyaluran BPNT tahun 2018 kemarin sudah 100 persen disalurkan kepada masing masing KPM. Sedangkan tahun 2019 ini harapannya sama bisa disalurkan semua," lanjutnya.

Teknis pengambilan bantuan BPNT bisa dilakukan KPM sendiri dengan membawa kartu identitas yang diberikan. Selanjutnya pengambilan dapat dilakukan di E-Warong yang telah ditunjuk.

Di Sukoharjo sendiri ada 84 E-Warong tersebar di 12 kecamatan yang sudah ditunjuk untuk menyalurkan bantuan pada para KPM. Jumlah E-Warong tersebut masih kurang karena kebutuhan ideal masing masing desa dan kelurahan satu unit.

“Total di Sukoharjo ada 167 desa dan kelurahan dan sekarang baru ada 84 E-Warong nanti kekurangan akan segera dilakukan penambahan sambil menunggu kebijakan lanjutan dari pemerintah,” lanjutnya.

Penyebab kekurangan E-Warong karena belum tersedianya EDC dari pemerintah. Kelengkapan alat EDC akan dipenuhi oleh pemerintah secara bertahap.

“Pengambilan bantuan di E-Warong dilayani di masing masing E-Warong yang ditunjuk setelah tanggal 25 setiap bulan. Artinya KPM bisa mengambil saat tanggal 26 keatas sebelum akhir bulan,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI