36 Anggota Panwascam Sukoharjo Dilantik

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 36 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) resmi dilantik. Mereka dalam bertugas diminta untuk tetap netral, profesional dan berintegritas.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya saat menghadiri acara pelantikan Panwascam di Hotel Brothers Solo Baru, Grogol mengatakan, Panwascam memiliki peran sangat penting dalam setiap kali penyelenggaraan pemilu. Keberadaannya sekarang terus menunjukan perkembangan menjadi lebih hebat.

Panwascam dalam bertugas diminta untuk tetap mengedepankan sikap netral, profesional, dan berintegritas. “Jangan sampai Panwascam bekerja hanya sesuai pesanan mencari kesalahan lainnya asal main tancap gas saja. Panwascam harus tetap netral, profesional dan berintegritas,” ujar Wardoyo Wijaya kepada KRJOGJA.com, Jumat (13/10/2017).

Usai pelantikan banyak tugas harus dikerjakan Panwascam demi suksesnya penyelenggaraan pemilu seperti Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Panwascam juga tidak boleh tebang pilih dalam menegakan aturan. Kalau ada yang salah ya diproses untuk ditindak,” lanjutnya.

Masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan Panwascam untuk membantu penegakan aturan. Salah satunya dengan memberi informasi atau laporan berkaitan dengan pelanggaran pemilu. Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Divisi Organisasi dan Kelembagaan Sri Sumanta mengatakan, sepakat dengan pernyataan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya.

Sikap tersebut menjadi penting bagi seorang Panwascam karena sebagai identitas diri. Apabila Panwascam luput dari sikap tersebut maka perlu dipertanyakan statusnya. “Kita berpacu dengan waktu karena proses tahapan Pilgub 2018 sudah berjalan. Panwascam dibentuk dalam rangka itu. Sekarang usai dilantik diharap segera langsung bertugas,” ujarnya.

Anggota Panwaskab Sukoharjo Eko Budiyanto mengatakan, total ada 36 anggota Panwascam dilantik. Mereka bertugas di 12 kecamatan dengan masing masing kecamatan berjumlah tiga orang. Panwascam di masing masing kecamatan setelah ini diminta untuk menentukan kantor sekretariatan dan menunjuk anggota kesekretariatan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI