49 Insan Olahraga Disabiltas Dapat Penghargaan

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Sebanyak 49 insan olahraga disabiltas yang berada di National Paralympic Commitee (NPC) Indonesia mendapat penghargaan dari pemerintah. Diantaranya atlet tenis meja David Jacobs yang kali pertama menyumbangkan medali dari ajang paralympic.

David mendapatkan penghargaan Satya Lencana Dharma Olahraga dari Presiden. Sedang yang lain menerima penghargaan dari Kemenpora.

“Tahun ini jumlah insan olahraga NPC yang mendapatkan penghargaan luar biasa. Ini sebagai peertanda olahraga disabel di tanah air sudah disetarakan dengan non disabel,” jelas Rima Ferdiyanto, wakil sekjen NPC Indonesia yang didampingi Heri Isranto dari bidang organisasi, Rabu (24/09/2020).

Penghargaan tidak hanya diberikan atlet berprestasi, tapi juga mantan atlet serta berbagai pihak yang selama ini mendukung. Seperti dr Yanti, Classifier, Tenaga Keolahragaan kemudian Dr Arminsyah SH MSi, Penggerak Olahraga Disabilitas CdM APG 2018 Jakarta.

“Baru kali ini NPC dapat penghargaan dalam jumlah banyak. Biasa hanya satu dua orang. Kesannya hanya untuk pepak pepak saja. Sekarang kami merasa insan olahraga disabilitas sudah dusetarakan. Kami berharap hal ini terus berlanjut,” tandas Rima.

NPC sebelumnya mengusulkan 90 nama. Setelah diverifikasi akhirnya yang yang mendapat 49 orang. Diantaranya NI Nengah Widiasih, atlet angkat berat. Ia peraih medali emas World Cup Para Powerlifting di Perancis 2018. Kemudian emas World Cup di Hungaria 2019. Selain atlet angkat berat, ada atlet balap sepeda, Tenpin Bowling, Tenis Meja, Atletik. (Qom)

BERITA REKOMENDASI