493 Calhaj Akan Diberangkatkan dari GOR Gelarsena Klaten

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji (P3H) akan memberangkatkan 493 calon jama’ah haji asal Klaten secara terpusat, dari Gedung Olah Raga (GOR) Gelarsena. Pemberangkatan dilakukan dalam dua gelombang, yakni kloter 13 dan 14.

“Hal-hal teknis terus kita persiapkan. Untuk kloter 13 sebanyak 330 calhaj akan berangkat hari Sabtu (11/06/2022) jam 07.00 WIB. Selanjutnya disusul kloter 14 sebanyak 163 calhaj akan berangkat Ahad (12/06/2022) jam 06.00 WIB” terang Joko Purwanto Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Klaten, saat memimpin rapat persiapan pemberangkatan haji di ruang rapat Masjid Al Aqsa, Klaten, Jumat (03/06/2022).

Ditambahkan Joko Purwanto, selama pandemi pemerintah tidak mengirimkan jamaah haji. “Momentum haji tahun ini memang hampir bersamaan dengan HUT Klaten dan HUT RI. Tapi panitia berusaha sungguh-sungguh mempersiapkan. Misalnya armada, petugas keamanan dan pendukung lainnya. Jajaran panitia untuk datang lebih awal, khususnya panitia pemberangkatan” pesannya.

Ketua P3H Klaten, Mujab, sekaligus Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten disela-sela rapat persiapan menjelaskan, pemerintah akan melepas para calon haji, tidak saja acara pemberangkatan tapi juga pamitan haji.

“Panitia P3H 2022 sudah dibentuk untuk membantu para jamaah. Acara pamitan haji rencana akan diikuti Bupati Klaten. Pamitan haji akan dilaksanakan di Pendopo Klaten (Kamis, 09/06/2022). Karena masih kondisi PPKM level 2, untuk 493 calhaj harus tetap prokes” kata Mujab.

Terkait barang bawaan haji, Mujab mengingatkan agar bawaan calon haji dikemas lebih awal. “Pemkab sendiri sifatnya adalah koordinasi dan fasilitasi. Untuk hal teknis ada dalam kewenangan Kementerian Agama. Ada 8 bus yang disiapkan panitia. Armada akan sudah siap dua jam sebelum pemberangkatan. Selanjutnya koper bawaan harus sudah masuk ke Kemenag direncanakan Kamis (09/06/2022)” jelas Mujab. (Sit)

BERITA REKOMENDASI