55 Rumpun Anggrek Vanda Tricolor Direlokasi ke TNGM

Editor: Agus Sigit

KLATEN, KRjogja.com – Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, SM, sangat mengapresiasi kepedulian warga dalam menjaga kelestarian alam lereng Gunung Merapi. Sebagai bukti kecintaan pada lingkungan, warga telah menyerahkan 55 Rumpun Anggrek Vanda Tricolor yang berasal dari tujuh dusun di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten untuk direlokasi ke Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

Bupati Klaten Sabtu (13/11/21) mengemukakan, sebanyak 55 Rumpun Anggrek Vanda Tricolor yang merupakan flora endemik lereng Gunung Merapi tersebut direlokasi ke Taman Nasional Gunung Merapi, di tebing Blok Nganggringan, Desa Tegalmulyo, Kemalang, Klaten.

Pelaksanaan Relokasi Anggrek dilaksanakan dalam dua hari. Pertama  sejumlah 51 rumpun dan kedua 4 rumpun direlokasi ke tebing Blok Nganggringan Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten, yang merupakan areal kemitraan. Relokasi anggrek ini juga merupakan pemenuhan komitmen kemitraan kewajiban masyarakat sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Relokasi hari kedua disaksikan oleh Dirjen KSDAE, Wiratno dan Bupati Klaten, Sri Mulyani, dan melibatkan SAR Klatenserta Mapala Silvagama UGM.

Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian LHK, Wiratno, dalam kesempatan ini juga memberikan tujuh piagam penghargaan. Yakni, untuk kelompok atau warga masyarakat yang secara sukarela telah menyerahkan 55 rumpun Anggrek Vanda Tricolor, sebagai bukti peduli terhadap konservasi sumber daya alam Merapi. Selain itu, piagam penghargaan juga diberikan kepada Kelompok Tani Karya Manunggal, yakni Kelompok Pengembangan Biogas ternak skala rumah tangga di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Dirjen KSDAE, juga menyampaikan, bahwa panjat tebing bisa menjadi wisata minat khusus yang dapat dikembangkan di Sapuangin di tebing Blok Nganggringan Desa Tegalmulyo. (Sit)

BERITA REKOMENDASI