565 Unit RTLH Masuk Rencana Rehab 2018

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 565 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di 25 desa dan kelurahan di enam kecamatan masuk usulan penerima bantuan rehab bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2018. Masing masing penerima direncanakan akan mendapat bantuan Rp 15 juta dengan alokasi keseluruhan total Rp 8,475 miliar.

Kabid Perumahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sukoharjo Sarwidi, Selasa (20/3) mengatakan, data calon penerima bantuan sudah disiapkan. Bahkan juga telah dikeluarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya terhadap mereka. SK dikeluarkan sebagai bukti pengesahan terhadap para calon penerima bantuan.

Para calon penerima bantuan diambilkan dari Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) Sukoharjo. Dalam PBDT diketahui data nama dan alamat warga miskin yang berhak menerima bantuan. Selain itu juga disinkronkan dengan Data Base Perumahan Sukoharjo.

Dari data yang sudah ada kemudian dilakukan verifikasi oleh petugas. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kondisi terakhir calon penerima bantuan. Petugas sengaja mendatangi langsung rumah warga calon penerima bantuan.

Data dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sukoharjo diketahui penerima bantuan jumlahnya berbeda disetiap desa dan kecamatan. Di Kecamatan Kartasura meliputi Kelurahan Kartasura sebanyak 58 unit, Desa Makamhaji 12 unit, Desa Gumpang 51 unit total 121 unit, Kecamatan Sukoharjo Kota di Kelurahan Jetis 8 unit, Kelurahan Kenep 12 unit, Kelurahan Kriwen 8 unit, Kelurahan Sukoharjo Kota 41 unit, Kelurahan Sonorejo 23 unit, Kelurahan Bulakan 10 unit total 102 unit.

Di Kelurahan Grogol bantuan RTLH direncanakan sebanyak 98 unit dengan rincian di Desa Grogol 8 unit, Desa Pondok 8 unit, Desa Kadokan 12 unit, Desa Sanggrahan 15 unit, Desa Banaran 55 unit. Kecamatan Baki total 43 unit untuk Desa Mancasan 24 unit dan Desa Gedongan 19 unit. Kecamatan Gatak total 91 unit di Desa Kagokan 14 unit, Desa Klaseman 10 unit, Desa Tempel 36 unit, Desa Luwang 20 unit, Desa Wironanggan 11 unit. Kecamatan Mojolaban total 110 unit di Desa Plumbon 30 unit, Desa Cangkol 60 unit dan Desa Dukuh 20 unit.

"Proses terhadap program rehab RTLH Tahun 2018 masih terus kami lakukan. Sekarang masih jalan verifikasi dan setelah ini dilakukan sosialisasi kepada para calon penerima bantuan," ujar Sarwidi.

Sosialisasi dimaksudkan agar para calon penerima bantuan bisa mengerti semua tahapan dan penyalurannya. Mereka juga harus bersiap dengan aturan yang ada.

"Pengerjaan rehab RTLH harus dilakukan secara swadaya dan gotong royong. Itu sebagai aturan dan harus dipahami," lanjutnya.

Sarwidi mengatakan, pada pelaksanaan bantuan DAK disasar di lokasi kumuh. Diharapkan adanya bantuan membuat jumlah RTLH di Sukoharjo turun. "Diharapkan juga tuntas desa dimana RTLH di tingkat desa bisa tuntas," lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI