59.822 UMKM Sukoharjo Daftar Bantuan Modal Pusat

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Jumlah pendaftar tahap kedua stimulus modal usaha bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sukoharjo membludak hingga 59.822 UMKM. Jumlah tersebut diketahui hingga penutupan pendaftaran pada 31 Agustus.

Meski telah ditutup, namun pada 1-2 September ini masih ada pelaku UMKM di Sukoharjo masih mendaftarkan. Penentuan penerima bantuan menjadi kewenangan penuh pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo mengatakan, jumlah pendaftar tahap kedua stimulus modal usaha bagi pelaku UMKM di Sukoharjo sangat besar. Bahkan, dikatakan Sutarmo membludak hingga 59.822 UMKM. Jumlah tersebut sangat banyak dibandingkan tahap pertama sebelumnya.

Membludaknya jumlah pendaftar dijelaskan Sutarmo menandakan tingginya animo UMKM meminta bantuan stimulus modal usaha dari pemerintah pusat. Sebab bantuan modal yang diberikan sangat besar Rp 2,4 juta.

“Stimulus bantuan modal usaha dari pemerintah ini sangat diharapkan UMKM. Jadi wajar jumlah pendaftarnya membludak dan sesuai data terakhir saat penutupan 31 Agustus ada 59.822 UMKM,” ujarnya, Rabu (02/09/2020).

Sutarmo mengatakan, meski telah ditutup pada 31 Agustus namun pelaku UMKM diketahui masih melakukan pendaftaran pada 1-2 September. Hal itu diketahui petugas saat melakukan pemantauan perkembangan data online. “Kami serahkan sepenuhnya ke pemerintah, sebab itu jadi kewenangan pusat,” lanjutnya.

Proses pendaftaran tahap kedua stimulus modal usaha bagi pelaku UMKM setelah ditutup maka proses pemberkasan dan verifikasi akan diserahkan ke pemerintah pusat. Tahapan tersebut akan dilakukan dengan cepat menggunakan data online yang dikirimkan pelaku UMKM.

“Pemkab Sukoharjo nanti akan menunggu keputusan pemerintah berapa UMKM yang dapat stimulus modal usaha,” lanjutnya.

Pada tahap pertama diketahui sebanyak 3.094 UMKM Sukoharjo lolos verifikasi tahap pertama dan sudah menerima bantuan program stimulus modal usaha sebesar Rp 2,4 juta dari pemerintah pusat. Jumlah tersebut tertinggi di Solo Raya dan nomor tiga se Provinsi Jawa Tengah setelah Kabupaten Cilacap 4.294 UMKM dan Kabupaten Banyumas 3.497 UMKM.

Penerima bantuan UMKM Sukoharjo masih bisa bertambah karena sekarang masih verifikasi tahap kedua. Pencairan dana dilakukan melalui transfer rekening masing masing UMKM penerima bantuan mulai 24 Agustus. (Mam)

BERITA REKOMENDASI