60 Anggota PPK Pilkada 2020 Resmi Dilantik

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 60 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) resmi dilantik. Mereka akan bertugas pada kegiatan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Para PPK tersebut akan bertugas selama sembilan bulan terhitung Maret sampai November mendatang.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda, Sabtu (29/2) mengatakan, sebanyak 60 anggota PPK dilantik di pendapa Graha Satya Praja (GSP) Pemkab Sukoharjo. Pelantikan digelar setelah semua proses tahapan penerimaan selesai dilaksanakan hingga dilakukan pengumuman resmi. Para PPK tersebut sebelum dilantik telah lolos dalam seleksi.

PPK tersebut akan bertugas pada kegiatan penyelenggaraan Pilkada 2020. Masa kerja mereka selama sembilan bulan terhitung 1 Maret sampai 30 November mendatang. Sebelum bertugas usai dilantik semua PPK wajib menandatangani paksa integritas. Hal tersebut sebagai bentuk komitmen PPK dalam menjalankan tugas sesuai dengan aturan berlaku.

“Saya mengajak dan mengingatkan, niatan baik penyelenggara pemilu khususnya PPK bersama seluruh warga Sukoharjo untuk mengganti pemimpin secara legal melalui Pilkada berjalan lancar dan sukses,” ujarnya.

Pemilu yang merupakan agenda rutin lima tahunan diminta KPU Sukoharjo agar bisa diselenggarakan dengan baik sesuai dengan aturan berlaku. Sebab pada pelaksanaanya pemilu diikat dengan kode etik dimana ada hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Aturan tegas tersebut harus ditaati semua pihak tidak terkecuali bagi sebanyak 60 PPK yang baru saja dilantik. PPK nantinya dalam pelaksanaan tugas bisa saja mendapat sanksi tegas apabila kedapatan melakukan pelanggaran. Sebab pedoman mereka sudah jelas diatur dalam Undang Undang.

PPK dalam pelaksanaan tugasnya memiliki peran dan tanggungjawab besar dalam membantu kesuksesan penyelenggaraan pemilu tidak terkecuali Pilkada 2020. Tanggungjawab tersebut baik dari sisi pelaksanaan maupun administrasi.

“PPK harus membantu kesuksesan Pilkada 2020 baik dari sisi pelaksanaan maupun administrasi. Jangan sampai meninggalkan catatan yang tidak baik,” lanjutnya.

Asisten III Sekda Pemkab Sukoharjo Eko Adji Arianto mengatakan, keberadaan PPK diharapkan dapat menjalankan tugas secara amanah dengan penuh tanggung jawab, adil dan profesional. PPK menjadi bagian penting dalam penyelenggaraaan pemilu termasuk Pilkada 2020.

“Penyelenggaraan Pilkada 2020 pada 23 September mendatang diharapkan dapat berjalan lancar, sukses dan tanpa ekses,” ujarnya

Pemkab Sukoharjo berharap kesuksesan tersebut diwujudkan PPK yang baru saja dilantik. Sebab peran PPK dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 sangat besar. (Mam)

BERITA REKOMENDASI