600-an PNS Klaten Memasuki Masa Pensiun

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN (KRjogja.com) – Jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten terus berkurang setelah memasuki batas usia pensiun. Penambahan PNS pun belum bisa dilakukan lantaran terganjal moratorium.

Data yang dihimpun di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Klaten, Kamis (29/9/2016), jumlah PNS per September 2016 mencapai 13.234 orang. Dari jumlah itu, 9.313 orang merupakan PNS di lingkup pendidikan.

Sedangkan PNS yang memasuki masa pensiun tahun 2016 ada sebanyak 641 orang, ditambah satu orang mengajukan pensiun dini. Angka pensiun tahun ini lebih sedikit dibanding pada 2017 yang tercatat sekitar 800-an orang.

“Rata-rata jumlah PNS pensiun setiap tahunnya sekitar kurang lebih 600-an orang. Meski banyak yang pensiun, tapi Klaten untuk tahun ini belum bisa menambah karena masih dalam moratorium,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Mutasi BKD Klaten, Slamet.

Kepala BKD Klaten, Sartiyasto, membenarkan banyaknya PNS yang telah memasuki masa pensiun tahun ini. Sehingga Klaten mengalami kekurangan pegawai terutama untuk tenaga guru dan kesehatan. Meski berkurang, pihaknya optimis hal itu tidak mempengaruhi dalam pelayanan publik. Pemkab mengoptimalkan pegawai yang ada.

Sementara itu, sejak diberlakukannya moratorium pada 2012 lalu, sampai saat ini Pemkab Klaten belum mendapat alokasi untuk penerimaan PNS baru, terutama untuk formasi guru dan tenaga kependidikan. Guna memenuhi kekurangannya, Pemkab Klaten telah mengajukan formasi ke Pemerintah Pusat. Hanya saja sampai saat ini belum ada sinyal adanya rekruitmen PNS.(R-9)

 

BERITA REKOMENDASI