7.000 UMKM Sukoharjo Terima Modal Usaha

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Penerima stimulus bantuan modal usaha dari pemerintah pusat sebesar Rp 2,4 juta untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sukoharjo semakin banyak. Pada tahap pertama Agustus lalu ada 3.094 UMKM, sedangkan tahap kedua September ini 7.000 UMKM menerima bantuan modal usaha. Jumlah penerima kemungkinan masih bertambah mengingat pemerintah pusat masih melakukan verifikasi data UMKM yang sudah mendaftarkan diri melalui online.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Sabtu (12/09/2020), mengatakan, secara keseluruhan diketahui ada 10.094 UMKM penerima bantuan stimulus modal usaha dari pemerintah pusat masing masing sebesar Rp 2,4 juta. Para penerima bantuan tersebut berasal dari dua tahap. Untuk tahap pertama sebanyak 3.094 UMKM dicairkan pada 24 Agustus lalu, dan kedua 7.000 UMKM pada awal September ini.

Dilihat dari data UMKM penerima bantuan stimulus modal usaha pada tahap kedua jumlahnya dua kali lipat dibanding tahap pertama. Kondisi tersebut melegakan Pemkab Sukoharjo mengingat banyak pelaku UMKM di Sukoharjo sangat membutuhkan bantuan ditengah pandemi virus corona seperti sekarang.

Pelaku UMKM di Sukoharjo tersebut dipastikan sudah menerima bantuan stimulus modal usaha dari pemerintah. Uang sebesar Rp 2,4 juta ditransfer langsung ke rekening masing masing penerima. Sebelum ditransfer sebanyak 10.094 UMKM mendapat pemberitahuan dan sosialisasi dari petugas.

“Jumlah UMKM penerima bantuan modal usaha dari pemerintah pusat di Sukoharjo dua kali lipat lebih. Jumlah itu kemungkinan masih bertambah karena tahapan verifikasi dari pemerintah pusat belum selesai,” ujarnya.

Sutarmo menjelaskan, secara keseluruhan dari data jumlah pendaftat diketahui ada sebanyak 70.000 UMKM. Dari jumlah tersebut dalam dua tahap ada 10.094 UMKM menerima bantuan stimulus modal usaha dari pemerintah pusat.

“Jumlah pendaftar memang sangat banyak mencapai 70.000 UMKM. Sedangkan penerima juga bantuan stimulus modal usaha juga banyak 10.094 UMK. Data itu besar dibanding daerah lain di Solo Raya,” lanjutnya.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo juga telah melakukan pengecekan terhadap pelaku UMKM penerima bantuan stimulus modal usaha. Hasilnya uang sebesar Rp 2,4 juta telah dikirim pemerintah pusat dengan cara ditransfer melalui rekening dan sudah diterima pelaku UMKM. Uang tersebut juga telah digunakan pelaku UMKM sebagai modal usaha.

Dalam proses pemberian bantuan stimulus modal usaha untuk pelaku UMKM ditegaskan Sutarmo merupakan kewenangan penuh pemerintah pusat. Tahapan mulai pendaftaran, verifikasi, keputusan penerima bantuan dan transfer dana bantuan ke UMKM langsung ditangani pusat. Pemerintah daerah hanya sebatas memantu kelancaran sosialisasi dan penyampaian informasi terkait bantuan pada pelaku UMKM.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Widodo, mengatakan, UMKM di Sukoharjo jumlahnya sangat besar hingga mencapai puluhan ribu pelaku tersebar di 12 kecamatan dengan bergerak diberbagai sektor usaha. Disetiap UMKM mampu menyerap banyak tenaga kerja dan membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja. Keberadaan UMKM tersebut membuat pekerja atau warga mampu meningkatkan taraf ekonomi. (Mam)

BERITA REKOMENDASI