706 Calon Jamaah Haji Lakukan Pelunasan BPIH

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 706 dari total 730 orang calon jamaah haji Sukoharjo sudah melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) hingga batas akhir 5 Mei. Usai pelunasan mereka siap diberangkatkan pada tahun 2017. Sedangkan sisanya 24 orang lainnya batal berangkat tahun ini dan baru akan diberangkatkan 2018 mendatang.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo Ihsan Muhadi, Senin (08/05/2017) mengatakan, sesuai jadwal pelunasan BPIH tahap pertama dimulai 10 April – 5 Mei. Pada pelaksanaan tersebut ada 706 orang calon jamaah haji sudah melakukan pelunasan.

Usai pelunasan tahap pertama selanjutnya Kemenag Sukoharjo melakukan pendataan jamaah yang siap diberangkatkan. Hasilnya diketahui ada 706 orang calon jamaah haji dan 4 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Data dari Kemenag Sukoharjo juga diketahui ada calon jamaah haji luar daerah melakukan mutasi masuk ke Sukoharjo. Rinciannya, antar embarkasi 1 orang, antar kabupaten kota 6 orang. Sedangkan mutasi keluar diketahui antar embarkasi 6 orang dan antar kabupaten kota 20 orang.

Jadi total keseluruhan data sementara ada 691 orang jamaah siap diberangkatkan. Jumlah tersebut masih dimungkinkan berubah karena masih ada jadwal pelunasan BPIH tahap kedua 22 Mei – 2 Juni 2017. “Tahap pertama ini ada 706 orang calon jamaah haji Sukoharjo sudah melakukan pelunasan BPIH,” ujar Ihsan Muhadi.

Dalam pelunasan BPIH seperti dikatakan Ihsan dalam dua tahun terakhir dilakukan oleh semua calon jamaah haji Indonesia dengan mata uang rupiah dan tidak lagi dollar. Sistem tersebut dianggap lebih mudah dan nilainya juga tidak mengalami perubahan dan tetap. BPIH Tahun 2017 sendiri untuk calon jamaah haji Sukoharjo sebesar Rp 35.664.700. (Mam)

BERITA REKOMENDASI