8 Hari Operasi Zebra, 632 Pelanggar Ditindak

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 1.632 pelaku pelanggaran lalu lintas ditindak petugas Satlantas Polres Sukoharjo selama delapan hari digelarnya Operasi Zebra Candi 2019. Penindakan paling banyak diberikan pada karyawan dan pelajar. Jumlah pelanggaran kemungkinan masih berubah mengingat kegiatan digelar mulai 23 Oktober-5 November mendatang. 

Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Marwanto, Kamis (31/10) mengatakan, data selama delapan hari kegiatan Operasi Zebra Candi 2019 terhitung sejak 23-30 Oktober diketahui ada 1.632 pelanggaran lalu lintas. Para pelaku langsung mendapatkan sanksi penindakan petugas di lapangan. Mereka yang melanggar didominasi kalangan karyawan dan pelajar.

Pelanggaran yang paling banyak ditemukan petugas saat Operasi Zebra Candi 2019 di lapangan yakni karena pengguna kendaraan bermotor tidak melengkapi diri dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Bentuk pelanggaran lain dilakukan pengendara sepeda motor karena tidak memakai helm dan sabuk pengaman pada pengguna mobil.

Petugas juga menemukan pelaku pelanggaran karena pajak kendaraan bermotor yang dibawa sudah tidak berlaku laku. Selain itu pelanggaran melawan arus lalu lintas. 

"Pelaku pelanggaran lalu lintas yang ditemukan selama delapan hari Operasi Zebra Candi 2019 masih didominasi karyawan swasta dan pelajar. Kami minta masyarakat sebelum pergi menggunakan kendaraan bermotor melengkapi diri dengan semua kewajiban kelengkapan seperti helm, SIM, STNK dan lainnya," ujarnya.

Banyaknya pelajar yang terjaring Operasi Zebra Candi 2019 menjadi catatan Satlantas Polres Sukoharjo. Petugas meminta agar pelajar yang sudah memenuhi syarat untuk segera membuat SIM. Sedangkan yang belum maka dilarang pergi sendiri menggunakan kendaraan bermotor. Apabila ingin pergi ke sekolah maka bisa memanfaatkan keberadaan transportasi umum seperti bus dan angkutan.

"Keselamatan berlalulintas lebih penting dan harus diutamakan masyarakat. Jangan memandang sepele dan bertindak diluar aturan karena bisa membahayakan pengguna jalan lain. Kecelakaan bisa berawal dari kecerobohan atau kesalahan sendiri," lanjutnya.

Petugas selama delapan hari Operasi Zebra Candi 2019 juga menemukan kasus empat kecelakaan lalu lintas di wilayah Kecamatan Kartasura dan Mojolaban. Satu kasus diantaranya merupakan kecelakaan tunggal. Penyebab kecelakaan dikarenakan penggendara kendaraan bermotor berusaha menghindari petugas saat menggelar Operasi Zebra Candi 2019 di jalan raya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI