806 Satlinmas Apel Pengamanan Pilkades Serentak

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Sebanyak 806 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), dan anggota dari TNI/Polri mengikuti apel di Alun-alun Klaten Rabu (12/12). Apel yang dipimpin Bupati Klaten Sri Mulyani tersebut dalam rangka pengamanan pemilihan kepala desa serentak, yang akan digelar 13 Desember 2018.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengatakan,  untuk menyukseskan Pilkades serentak di 270 desa yang akan digelar 13 Maret 2019, Pemkab Klaten telah melakukan berbagai persiapan. Antara lain penyiapan regulasi seperti Perda tata cata pencalonan,  pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala desa,  penyiapan anggaran dan persiapan keamanan.  

Tujuannya agar terlaksana Pilkades yang berkualitas dan akhirnya terpilih kepala desa yang berkualitas untuk bersama-sama mewujudkan visi Kabupaten Klaten yang maju,  mandiri dan berdaya saing. 

Untuk pengamanan Pilkades serentak didukung seluruh anggota Satlinmas, diharapkan seluruh tahapan Pilkades berjalan aman dan demokratis.  

Bupati Sri Mulyani juga berpesan kepada Organisasi Perangkat Desa (OPD)  terkait untuk mengawal seluruh tahapan Pilkades.  Masyarakat  diminta tetap menjaga iklim kondusif dan mengedepankan kebersamaan meskipum beda pilihan. 

Usai menjadi inspektir upacara Apel Satlinmas,  Bupati kepada wartawan menyatakan,  semua biaya penyelenggaraan Pilkades ditanggung Pemkab Klaten.  Tidak ada penerimaan biaya dari pihak ketiga termasuk calon kades juga tidak ditarik biaya.  

Dengan biaya murni pemerintah, dimaksudkan  agar terwujud pilkades yang baik,  sehingga kades yang terpilih setelah dilantik dapat langsung fokus bekerja untuk pembangunan desa demi kesejahteraan rakyat. 

Selain itu Bupati juga mengatakan, tahun 2019 seluruh anggota Satlinmas dianggarkan seragam untuk pengamanan Pilkades serentak,  pemilu legislatif (pileg)  dan Pemilihan Presiden (Pilpres). 

Turut hadir pada apel Satlinmas antara lain jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda),  Asisten 1 Sekda dr Rony Roekmito MKes,  Staf ahli Bupati,  Kepala OPD,  Kabag Humas H Wahyudi Martono MM serta sejumlah pejabat.  Apel Satlinmas juga diikuti dari jajaran TNI/Polri. (Sit)

 

BERITA REKOMENDASI