Ada Kerajaan Majapahit di TPS 1 Jombor

KLATEN, KRJOGJA.com – Guna menarik warga guna memberikan hak pilihnya dalam Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Klaten, Rabu (9/12), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 1, Dukuh Jombor, Desa Danguran, Klaten Selatan, Klaten, membuat TPS unik dengan anggota KPPS berkostum unik pula. Yakni TPS disetting jaman Kerajaan Majapahit. Para anggota KPPS juga mengenakan kostum peraga tokoh-tokoh jaman Majapahit tersebut.

Kristian Apriyanta, anggota KPPS yang juga tokoh budayawan muda Klaten mengemukakan, konsep tersebut dipilih untuk mengambil semangat persatuan yang telah dicontohkan sejak jaman majapahit tersebut. “Spirit itu yang diambil. Pada jaman Majapahit sudah terbukti sebagai kerjaan yang demokratis,” kata Kristian Apriyanta.

Ketua KPPS, Martoyo menambahkan, Dukuh Jombor sebagai gudang budaya, salah satunya ketoprak. Dengan setting jaman majapahit, ingin menyosialisakan sejarah agar masyarakat lebih paham sejarah, bahwa Majapahit merupakan kerajaan yang betul betul bisa menyatukan nusantara. “Konteks ini dijadikan momentum dan spirit, agar para pemilih dalam pemilihan bupati ini bisa menjadikan persatuan untuk memajukan Kabupaten Klaten,” jelas Martoyo.

BERITA REKOMENDASI