AMMDes Karya H Sukiyat Ujicoba di Magelang

KLATEN, KRJOGJA.com – Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), yang dibuat oleh Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) akan segera diproduksi massal pada awal tahun 2019. Sejumlah produk sudah diujicobakan di berbagi daerah. Satu unit diantaranya Kamis (25/10) diberikan kepada Jatmiko, seorang pengusaha penggilingan padi keliling dari Magelang.

H Sukiyat inisiator pembuat AMMDes mengemukakan, target produksi sebanyak 15.000 unit di tahun pertama. Untuk komponen kendaraan pedesaan tersebut 70 persen komponen dari produk lokal.

Kendaraan pedesaan produk asli anak bangsa tersebut didesain multiguna, selain bisa untuk mengangkut hasil panen, sekaligus juga bisa untuk proses penggiligan padi menjadi beras, bahkan juga bisa untuk memperoses pelet atau pakan ikan.

Produksi kendaraan tersebut bekerjasama dengan Astra, agar produk benar-benar berkualitas, karena sangat terkait dengan keamanan dan membawa nama Bangsa Indonesia. Kali ini giliran diberikan untuk masyarakat petani Magelang untuk diujicobakan. Tim akan meninjau langsung bagaimana kendaraan itu digunakan untuk melayani masyarakat.

“Kendaraan tersebut sudah ujicoba selama tiga tahun. Di Bogor, diuji ke gunung, mausk sungai, dan medan sulit lainya, untuk mengetahui sejauhmana kemampuan dan kekurangn, sehingga saat produksi massal konsumen tidak dirugikan. Sudah kami perbantukan juga ke Palu untuk penjernih air, dan juga ke Lombok,” tambah H Sukiyat. (Sit)

BERITA REKOMENDASI