Anak Disabilitas Punya Hak Sama Bersekolah

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Anak penyandang disabilitas mempunyai hak sama dengan anak lain pada umumnya untuk mendapatkan pendidikan di sekolah. Selama ini anak disabilitas terkesan terpinggirkan karena masih banyak yang belum sekolah.

Ketua Sanggar Inklusi Tunas Bangsa Nguter Puji Handayani, Rabu (21/3) mengatakan, kampanye terhadap hak anak disabilitas mendapatkan pendidikan di sekolah terus dilakukan. 

Salah satunya seperti dilakukan dengan mengajak anak disabilitas di Sanggar Inklusi Tunas Bangsa Nguter untuk membunyikan bunyi bunyian menggunakan berbagai alat selama satu menit. 

"Anak anak disabilitas di Sanggar Inklusi Tunas Bangsa Nguter menyambut gembira. Mereka antusias ikut serta sebagai bagian dari ajakan kepada pemerintah agar ikut peduli terhadap nasib pendidikan anak anak disabilitas," tandasnya.

Dengan kampanye tersebut diharapkan anak anak disabilitas bisa mendapatkan haknya dibidang pendidikan. Pemerintah bertanggungjawab penuh atas nasib anak anak disabilitas mendapatkan sekolah yang layak. Hal itu penting mengingat anak anak disabilitas membutuhkan fasilitas berbeda dibanding anak lain pada umumnya.

Fasilitas tersebut seperti gedung sekolah, peralatan, tenaga pengajar, kurikulum dan lainnya. Kelengkapan tersebut selama ini sulit terpenuhi.

"Semua anak berhak dapat pendidikan di sekolah. Tidak terkecuali anak anak disabilitas. Mereka harus sekolah terlepas dari kondisinya. Pemerintah harus membantu dengan menyediakan fasilitas dan kebutuhan lainnya," ujar Puji Handayani.

Puji menilai perhatian dari Pemkab Sukoharjo sudah sangat besar kepada anak anak disabilitas. Seperti terlihat pada berbagai bentuk bantuan yang diberikan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI