Anak Sekolah Perlu Tahu Pangan Lokal Sehat

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Generasi muda khususnya anak sekolah perlu mengetahui ragam bahan pangan dan pangan lokal sehat. Hal itu penting mengingat sekarang banyak makanan dan jajanan sekolah kurang sehat dan diduga mengandung bahan berbahaya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Kamis (30/11/2017) saat peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) mengatakan, HPS diperingati setiap 16 Oktober oleh bangsa bangsa didunia anggota Food Agriculture Organization (FAO). Pemkab Sukoharjo sendiri baru bisa memperingati pada Kamis (30/11/2017) di pendapa Graga Satya Praja (GSP) Setda Sukoharjo.

Pada peringatan tahun ini Pemkab Sukoharjo ingin mengingatkan pada penanganan masalah pangan. Dalam rangka mempersiapkan generasi muda untuk ikut serta membangun pertanian dalam upaya mendukung ketahanan pangan, maka perlu dipersiapkan sejak awal. Sejak anak usia sekolah penting ditanamkan rasa cinta pada dunia pertanian dalam arti luas.

Pemkab Sukoharjo pada HPS tahun ini juga ingin mengajak anak anak untuk mengenal pangan lokal. Tujuannya agar anak lebih mengenal dan mentetahui bahwa di Kabupaten Sukoharjo penghasil aneka ragam bahan pangan.

“Bahan pangan pokok seperti beras mampu dihasilkan petani Sukoharjo dengan jumlah sangat melimpah bahkan surplus. Itu penting diketahui anak anak sebagai generasi penerus pertanian Sukoharjo. Selain itu Kabupaten Sukoharjo juga mampu menghasilkan bahan pangan alternatif seperti singkong, ketela, jagung dan lainnya termasuk bahan pangan sumber protein,” ujar Wardoyo Wijaya.

Penting juga memberikan pemahaman kepada anak anak mengenai keamanan pangan karena sekarang banyak sekali macam jajanan sekolah yangd ijual dengan harga murah namun belum tentu aman untuk dikonsumsi anak anak. Dalam jajanan tersebut bisa saja mengandung bahan tambahan pangan berbahaya seperti bahan kimia yang tidak direkomendasikan untuk dipangan.

Para orang tua juga perlu memberikan makanan sehat pada anak sebagai bekal sekolah. Makanan tersebut bisa menggunakan bahan pangan yang dihasilkan lokal di Sukoharjo.

Kepala Dinas Pangan Sukoharjo Sriyono mengatakan, pemenuhan kebutuhan pangan mampu dipenuhi Sukoharjo. Salah satu sumber bangan pangan dengan stok melimpah di Sukoharjo yakni padi. Hasil panen padi petani Sukoharjo tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan lokal namun juga sebagai penyuplai pangan nasional. (Mam)

BERITA REKOMENDASI