Anak Sungkem, Sampai Merias Ibu

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Hujan tangis tidak terelakan saat puluhan pasangan ibu dan anak melakukan aksi bersama memperingati Hari Ibu. Kegiatan digelar di rumah ramah lansia Posyandu Ngudi Waras Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo Kota.

Pengurus rumah ramah lansia Posyandu Ngudi Waras Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo Kota Samini, Jumat (22/12/2017) mengatakan, aksi dilakukan dengan melibatkan belasan ibu dan anak. Mereka berkumpul untuk melakukan sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ibu.

Aksi dilakukan anak dengan sungkem dan meminta doa restu pada ibu. Sebagai anak, peserta aksi juga meminta maaf atas segala dosa yang pernah dilakukan. Beberapa peserta sungkem bahkan sampai menangis.

Para anak kemudian melanjutkan aksi dengan merias ibu menggunakan perlengkapan kosmetik. “Terakhir aksi dilakukan dengan makan bersama nasi pincuk. Peserta aksi meski sudah tua namun mereka masih menunjukan rasa kasih sayang tulus dari anak kepada orang,” ujar Samini.

Pengurus Posyandu Lansia Ngudi Waras sengaja memperingati Hari Ibu setiap tahun, mayoritas anggotanya merupakan perempuan dengan kondisi sudah lanjut usia. “Aksi ini juga sekaligus media pembelajaran kepada generasi muda untuk tetap menghormati orang tua khususnya ibu,” lanjutnya.

Koordinator aksi Bimo Kokor Wijanarko mengatakan, aksi memperingati Hari Ibu yang dilakukan oleh Posyandu Lansia Ngudi Waras sangat unik. Selain itu juga memiliki banyak nilai positif yang bisa dipetik.

Peringatan Hari Ibu dikatakan Kokor tidak sekedar simbol saja namun juga wujud dan praktek nyata, salah satunya dnegan aksi sungkem massal. “Dalam peringatan ini juga ditunjukan aksi seorang anak perempuan merias ibunya. Ini sangat jarang terjadi,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI