Angin Kencang Sapu 11 Desa di Sukoharjo

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 11 desa di Kecamatan Mojolaban dan Kecamatan Polokarto diterjang angin kencang dan hujan. Akibatnya puluhan rumah dan bangunan mengalami kerusakan. Selain itu pohon tumbang dan sejumlah papan reklame rusak. Petugas masih melakukan proses pendataan kerusakan sekaligus evakuasi terhadap warga korban bencana alam.

Camat Mojolaban Iwan Setiyono, Senin (28/10/2019) mengatakan, angin kencang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB sekitar lima menit. Kondisi cuaca pada saat sebelum kejadian sangat panas dan langit cerah. Namun kemudian mendadak berubah menjadi gelap karena mendung pekat dan selang tidak lama terjadi angin kencang dan hujan deras.

Wilayah yang terkena angin kencang sebanyak 10 desa meliputi Desa Joho, Desa Klumprit, Desa Palur, Desa Triyagan, Desa Sapen, Desa Bekonang, Desa Cangkol, Desa Plumbon, Desa Wirun dan Desa Demakan. Akibat kejadian tersebut membuat puluhan rumah dan bangunan mengalami kerusakan pada bagian atap.

Akibat angin kencang juga membuat pohon tumbang dan papan reklame roboh disejumlah tempat. Beruntung dalam kejadian singkat tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Meski demikian angin kencang membuat warga ketakutan.

Pemerintah Kecamatan Mojolaban sudah menerjunkan petugas melakukan pendataan dampak dari angin kencang khususnya di 10 desa. Petugas di lapangan juga membantu warga melakukan pembersihan kerusakan akibat angin kencang. Selain itu proses evakuasi juga dilakukan untuk menormalkan kembali kondisi rumah dan lingkungan warga.

"Angin kencang dan hujan terjadi di 10 desa di wilayah Kecamatan Mojolaban menimbulkan kerusakan rumah dan bangunan serta pohon tumbang. Nilai taksiran sementara kerugian mencapai puluhan juta rupiah," ujarnya.

Proses evakuasi dan pertolongan terhadap warga juga dilakukan dengan melibatkan petugas dari sejumlah satuan. Mereka seperti dari Kodim 0726 Sukoharjo, Polres Sukoharjo, PMI, SAR, BPBD, relawan dan lainnya. Mereka menyebar untuk menyisir hingga ke perkampungan warga terdampak angin kencang. "Petugas tim gabungan sudah dilapangan dan belum selesai. Semua masih memberi petolongan pada warga," lanjutnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan, angin kencang terjadi total di 11 desa di dua kecamatan. Sebanyak 10 desa masuk wilayah Kecamatan Mojolaban dan satu lagi yakni Desa Polokarto di Kecamatan Polokarto. (Mam)

BERITA REKOMENDASI