Angin Kencang Terpa Lima Kecamatan di Sukoharjo

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dalam dua hari terakhir angin kencang terjadi di lima kecamatan di Sukoharjo menyebabkan pohon tumbang dan sejumlah bangunan rusak. Masyarakat diminta tetap waspada terhadap kerawanan terjadinya bencana alam mengingat sekarang sudah masuk puncak musim hujan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto, Jumat (11/01/2018) mengatakan, wilayah yang terdampak angin kencang yakni di Kecamatan Baki, Grogol, Sukoharjo, Bendosari dan Nguter. Khusus untuk Kecamatan Grogol dan Baki bahkan terdampak angin kencang selama dua hari berturut sejak Kamis – Jumat (10-11/01/2018). Akibat kejadian tersebut menyebabkan sejumlah pohon tumbang, tiang listrik miring, dan atap genteng rumah warga berterbangan.

Fenomena angin kencang dalam dua hari sebelumnya sudah diprediksi BPBD Sukoharjo mengingat pada Januari ini merupakan puncak musim hujan. Hal itu ditandai dengan peningkatan curah hujan dan datangnya angin kencang disejumlah wilayah.

BPBD Sukoharjo juga memperkirakan datangnya angin kencang sebagai sebuah penanda perubahan cuaca dari musim hujan ke kemarau. Seperti terlihat dalam dua hari terakhir saat angin kencang datang selalu bersamaan dengan kondisi panas terik dan kemudian mendadak hujan.

"Masyarakat kami minta selalu mewaspadai kerawanan bencana alam seperti angin kencang, banjir dan tanah longsor karena Januari ini sudah puncak musim hujan," ujarnya.

Petugas sudah memetakan wilayah rawan bencana alam di Sukoharjo. Seperti banjir berada di wilayah sepanjang aliran Sungai Bengawan Solo seperti Kecamatan Nguter, Sukoharjo Kota, Grogol, Mojolaban dan Polokarto. Sedangkan wilayah rawan tanah longsor berada di Kecamatan Tawangsari, Weru dan Bulu.

"Untuk wilayah rawan angin kencang hampir semua wilayah masuk kategori rawan. Sebab bencana angin kencang memang sulit diprediksi datangnya," lanjutnya.

Bentuk kewaspadaan bencana alam angin kencang bisa dilakukan masyarakat dengan melakukan pemangkasan pohon berukuran besar. Selain itu juga memangkas batang dan ranting pohon yang menghalangi kabel listrik dan atap rumah. (Mam)

BERITA REKOMENDASI