Animo Pelaku UMKM Sukoharjo Minta Bantuan Provinsi Tinggi

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Animo pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sukoharjo bergerak dibidang makanan meminta bantuan bahan baku makanan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sangat tinggi. Sebab dari kuota yang sediakan sebanyak 285 UMKM sudah ada pendaftar 348 UMKM. Jumlah tersebut masih dimungkinkan bertambah mengingat masih banyak pelaku UMKM lain ingin mendapat bantuan ditengah pandemi virus corona. Tingginya pendaftar membuat Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan melakukan verifikasi ketat agar bantuan bisa tepat sasaran diberikan pada pelaku UMKM.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Sukoharjo Herdis Kurnia Wijaya, Minggu (17/5/2020) mengatakan, kondisi ditengah pandemi virus corona memberikan dampak besar bagi pelaku usaha tidak terkecuali UMKM. Sektor usaha UMKM sangat terpukul karena sepi pesanan dan berdampak pada penurunan produksi. Imbasnya pendapatan yang mereka dapat menurun drastis.

Masalah semakin bertambah karena keterbatasan kemampuan modal untuk terus menjalankan usaha. Selain itu diperparah dengan pemasaran terhenti. Karena itu mereka membutuhkan banyak bantuan dari pemerintah. Seperti salah satunya meminta pada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Program bantuan bahan baku makanan disediakan bagi pelaku UMKM di Sukoharjo ditengah pandemi virus corona. Bantuan diberikan pada pelaku UMKM bergerak dibidang makanan. Total kuota yang disediakan sebanyak 285 UMKM. Proses pendaftaran secara online sudah dibuka dan hingga sekarang ada 348 UMKM. Jumlah tersebut membludak dibandingkan kuota yang disediakan.

“Animo pelaku UMKM Sukoharjo meminta bantuan bahan makanan pada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sangat tinggi. Jumlah pendaftar bahkan melebihi kuota yang diberikan,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI