Aqua Klaten Pioner Program Samtaku

KLATEN, KRJOGJA.com – Pengenalan awal program edukasi dan kampanye pengelolaan sampah dengan modul Samtaku (Sampahku Tanggung Jawabku) digelar oleh Danone Indonesia melalui PT Tirta Investama-Pabrik Klaten (AQUA Klaten) bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten dan Shind (Secerah Harapan Indonesia) Jogja, Kamis (19/05/2022).

Kegiatan dilakukan secara daring dan luring di New Merapi Resto Klaten dihadiri oleh pemangku kepentingan seperti Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Camat Polanharjo, Lurah Kranggan, mitra pendamping Aqua Klaten dan secara daring juga diikuti 317 peserta dari seluruh DLH dan sekolah-sekolah Adiwiyata di Jateng dan DI Yogyakarta.

Pengenalan awal (kick off program) ini merupakan wujud tindak lanjut dari penandatanganan komitmen kerjasama antara PT. Tirta Investama (Danone-Aqua) dan Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan – KLHK, tentang Pembinaan Generasi Muda Peduli Pengelolaan Sampah Melalui Program Edukasi “Sampahku Tanggung Jawabku” yang dilakukan pada 31 Januari 2022 lalu.

Bentuknya adalah penyebarluasan Modul pembelajaran lingkungan untuk generasi muda memahami bagaimana pengelolaan sampah bisa dilakukan dan dikembangkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten Srihadi ST MM mengatakan, Aqua Klaten didukung oleh DLH Kabupaten Klaten menjadi pioner program Samtaku. Di masa mendatang sampah seyogyanya dikelola semakin baik dari hulu, baik itu oleh masyarakat ataupun juga pelajar di sekolah.

Pada akhirnya sampah yang di TPA nantinya hanya sampah yg tidak bisa diolah dimasyarakat atau sekolah tersebut.

“Di sekolah ada Program Adiwiyata yang didukung oleh Dinas Pendidikan, sejak dini mulai diajarkan bagaimana cara pengelolaan sampah baik sampah organik maupun non organik,” tegas Srihadi.

“Sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tapi semua lapisan masyarakat. Program Samtaku ini merupakan kegiatan nyata dan terukur,” tambahnya.

Sementara itu, Packaging Circularity Senior Manager Danone Indonesia, Jefri Ricardo mengatakan program Samtaku sebagai bentuk elaborasi dari komitmen Danone yaitu One Planet One Health.

“Manusia hidup sehat dan bumi yang sehat memiliki keterkaitan dan saling ketergantungan. Upaya kita menyehatkan lingkungan atau planet juga akan berdampak pada ketersediaan pangan sehat bagi manusia. Dan hal itu yang dilakukan oleh Danone Indonesia dengan Program Bijak Berplastik,” kata Jefri.

BERITA REKOMENDASI