ASN Pemkab Klaten Wajib Absensi Menggunakan ‘Saenaga’

Editor: Agus Sigit

KLATEN, KRjogja.com – Para ASN Pemkab Klaten wajib absensi menggunakan sistem informasi presensi elektronik abdi satya negara (SAENAGA). Absensi secara elektronik dengan aplikasi berbasis android tersebut mulai berlaku Senin (22/11/21).

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten Surti Hatini mengemukakan, peluncuran Aplikasi SAENAGA untuk lebih meningkatkan profesional, integritas, dan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN). Dijelaskan Surti, SAENAGA merupakan aplikasi absensi elektronik yang diadopsi dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah, dan dikembangkan di Klaten bersama BKPPD dan Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Kabupaten Klaten.

Aplikasi SAENAGA sudah diuji coba terbatas selama tiga bulan di BKPPD, BPKD, Inspektorat, DPMPTSP, Disperwaskim, Dinas Kesehatan, serta di 200 sekolah dilingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten.

“Untuk sosialisasi sudah di mulai sejak bulan Oktober lalu. Sekarang sudah mulai dilaksanakan ,temen-temen ASN di Kabupaten Klaten sudah menggunakan presensi dengan SAENAGA ini,” ujar Surti.

Guna optimalisasi sistem informasi kepegawaian, SAENAGA juga terintegrasi dengan ‘SRI MENGANTI” (Sistem Informasi Pemberian Cuti), ‘SEPAKAT’ (Sistem Informasi Pelaporan Kegiatan Abdi Satya Negara), dan ‘SAESTU’ (Sistem presensi elektronik terintegrasi dengan SEPAKAT untuk pembayaran TPP).

Bupati Klaten Sri Mulyani, berpesan pada Kepala OPD dan Camat, untuk memberikan pembinaan dan bimbingan kepada ASN terkait aplikasi SAENAGA. Penerapan sistem baru presensi tersebut diharapkan diikuti dengan peningkatan disiplin, prestasi kerja, pengabdian dan komitmen tinggi dalam menjalankan tugas.

“Aplikasi SAENAGA ini memudahkan ASN Pemkab Klaten dalam melakukan absen, serta memudahkan bagian kepegawaian dalam mencatat kehadiran ASN di lingkup Pemkab Klaten,” kata Bupati.

Peluncuran SAENAGA ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, usai rakor rutin Hari Senin di Penaopa Pemkab. Hadir dalam peluncuran, Bupati dan Wakil Bupati Klaten, Sekda, para Asisten, Kepala OPD, dan Camat, serta tamu undangan lain. (Sit)

 

BERITA REKOMENDASI