Asrama Haji Donohudan Resmi Jadi Rumah Sakit Isolasi Covid

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Asrama Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, resmi dijadikan tempat isolasi bagi pasien Covid-19 di wilayah Soloraya. Hanya saja, isolasi dibatasi bagi penderita yang merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Sesuai arahan dan mengamankan kebijakan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yaitu dengan menjadikan Asrama Haji Donohudan sebagai alternatif Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 atau tempat isolasi pasien Covid-19 pihaknya siap. Tapi hanya khusus untuk OTG saja,” kata Kepala Pengelola Asrama Haji Donohudan, Bambang Sumanto, Senin (7/12/2020).

Bambang menjelaskan, bahwa seluruh bangunan di asrama sudah dinyatakan siap termasuk Gedung Madinah dan Makkah. Namun demikian, asrama haji tidak akan menampung pasien penuh sesuai kapasitas maksimal. Dari 2.059 tempat tidur, hanya dimanfaatkan sebanyak 872 tempat tidur saja.

“Karena kan harus ada pengaturan jarak. Dari setiap kamar yang memiliki 10 tempat tidur, hanya bisa menampung empat pasien saja,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI