Asyik Mesum, 10 Pasangan Ini Digaruk Satpol PP

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 10 pasangan mesum ditangkap petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo saat melakukan razia disejumlah tempat kos, penginapan dan hotel dibeberapa wilayah di Sukoharjo. Mereka yang tertangkap mendapatkan pembinaan dan diminta membuat surat penyataan sebelum kemudian dilepaskan.

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo, Selasa (12/2/2019), razia terhadap penyakit masyarakat (pekat) terus dilakukan oleh Satpol PP Sukoharjo dengan mengambil lokasi sasaran disejumlah wilayah. Target penertiban juga bervariasi seperti minuman keras (miras), siswa sekolah bolos, pedagang kaki lima (PKL) liar sampai pasangan mesum. Kegiatan digelar untuk menjaga kondusifitas daerah agar tidak terjadi masalah gangguan keamanan.

Satpol PP Sukoharjo dalam menggelar razia menyasar kesejumlah wilayah seperti tempat kos, penginapan dan hotel. Salah satu sasarannya yakni di wilayah Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo Kota. Petugas melakukan penggeledahan di kamar hotel atau tempat penginapan. Hasilnya ditemukan beberapa orang diduga berbuat mesum karena berada dalam kamar bukan dengan pasangan resminya.

Mereka yang di dalam kamar kaget saat petugas Satpol PP Sukoharjo melakukan razia. Petugaspun menanyakan tentang identitas resmi mereka sebagai pasangan suami isteri karena berada dalam satu kamar.

Karena tidak bisa menunjukan identitas sebagai pasangan resminya maka petugas langsung membawa mereka ke kantor Satpol PP Sukoharjo. Selanjutnya sebanyak 10 pasangan mesum tersebut mendapatkan pembinaan dan diminta membuat surat pernyataan tidak menggulangi perbuatannya lagi. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menekan dan mengurangi penyakit masyarakat. Pihaknya ingin menjaga agar Sukoharjo tetap kondusif.

"Razia penertiban pekat terus kami lakukan dengan sejumlah sasaran dan sebaran wilayah tertentum sasaran kali ini yakni perbuatan mesum dan pornograsi. Hasilnya menangkap sebanyak 10 pasangan," ujarnya.

Dalam razia tersebut Satpol PP Sukoharjo menegakan aturan sesuai Perda Nomor 21 Tahun 2016 tentang Penanggulangan Prostitusi dan Perbuatan Asusila. Kegiatan razia ini akan terus dilakukan. Pihaknya bersama pihak terkait seperti kepolisian, TNI sudah intensif melakukan razia pasangan selingkuh dan mesum.

Untuk mempersempit ruang gerak pelanggaran serta gangguan keamanan maka Satpol PP Sukoharjo juga akan memperbanyak kegiatan patroli. Dengan begitu maka kerawanan disemua wilayah dapat dengan cepat diketahui.

Petugas juga meminta kepada pengelola dan pemilik kos, tempat penginapan dan hotel untuk membantu pengetatan pengawasan. Sebab dengan cara itu bisa memperkecil kemungkinan munculnya pelanggaran. 

"Disaat jam dan tempat rawan akan kami perbanyak patroli termasuk melibatkan aparat keamanan," lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI