Atasi Kemacetan, Arus Lalulintas di Telukan dan Kadilangu Dirubah

SUKOHARJO,KRJOGJA.com – Perubahan arus lalulintas kendaraan akan dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo di wilayah Telukan, Grogol dan Kadilangu, Baki. Hal itu dilakukan untuk menghindari penumpukan yang berdampak pada kamecetan kendaraan.

Kepala Dishub Sukoharjo Djoko Indrianto, Senin (19/6/2017) mengatakan, perubahan arus lalulintas kendaraan dilakukan dengan menerapkan jalur searah di perempatan Telukan, Grogol. Kendaraan yang ke arah barat akan dilarang. Penerapan larangan dilakukan karena jalur tersebut menjadi titik kemacetan saat arus mudik lebaran.

Sebelum diterapkan larangan telah dilakukan kajian oleh Dishub Sukoharjo. Kendaraan dari arah selatan atau Sukoharjo ke Solo dan utara dari Solo ke Sukoharjo selalu terjadi kemacetan panjang. Mereka berhenti karena harus memberi kesempatan kendaraan dari arah barat Sonorejo – Parangjoro ke timur Polokarto – Mojolaban. Volume kendaraan dari arah selatan dan utara dianggap lebih banyak dibanding barat dan timur.  

Kemacetan panjang di perempatan Telukan, Grogol juga dipicu karena banyaknya aktifitas masyarakat. Sebab di kanan dan kiri jalan banyak terdapat tempat usaha seperti perkantoran, pabrik, toko, warung makan dan lainnya.

“Saat arus mudik lebaran kendaraan ke arah barat di perempatan Telukan, Grogol dilarang dan dilakukan penutupan,” ujar Djoko Indrianto.

Pada saat penerapan nanti Dishub Sukoharjo akan melakukan pemasangan rambu penutupan sekaligus petunjuk arah. Selain itu juga ditempat petugas untuk mengatur lalulintas kendaraan.

Dishub Sukoharjo telah menyiapkan pengalihan arus kendaraan yang akan menuju ke barat melalui depan Pasar Telukan atau sebelah utara perempatan Telukan, Grogol. Dilokasi tersebut juga telah disiapkan rambu petunjuk arah dan petugas jaga.

Perubahan arus lalulintas kendaraan juga akan dilakukan Dishub Sukoharjo di pertigaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kadilangu, Baki. Kendaraan menuju ke Solobaru melalui Jalan Raya Jlopo Baki akan ditutup. Kendaraan akan dilewatkan melalui Jalan Raya Solo Baki melalui Desa Gedangan, Grogol. (Mam)

BERITA REKOMENDASI