Bakal Calon Kepala Desa Deklarasi Damai Pilkades

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Seluruh bakal calon kepala desa melakukan deklarasi damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang digelar 8 Desember mendatang. Mereka selanjutnya wajib menjaga kondusifitas daerah dengan siap dipilih dan tidak dipilih atau siap menang atau kalah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Senin (21/11/2016) mengatakan seluruh bakal calon kepala desa wajib melakukan deklarasi damai. Seluruh bakal calon kepala desa memiliki kewajiban menenangkan massa pendukung agar tidak berbuat anarkis. Para pemilih juga harus bijak menentukan pilihannya memilih pemimpin desa.

“Bakal calon kepala desa harus siap menang atau kalau. Deklarasi ini menjadi simbol kewajiban mereka menjaga kondusifitas daerah,” ujar Agus Santosa.

Total ada 64 bakal calon kepala desa yang sudah mendaftarkan diri ke panitia. Selanjunya disejumlah desa akan digelar seleksi tambahan berupa tes tertulis. Hal itu dilakukan untuk memenuhi persyaratan peserta maksimal lima orang.

Total ada tiga desa yang jumlah peserta bakal calon kepala desa melebihi batas. Desa Gumpang Kecamatan Kartasura ada 8 orang, Desa Pabelan Kecamatan Kartasura 9 orang dan Desa Gedangan Kecamatan Grogol 13 orang. “Maksimal lima karena itu bakal calon kepala desa lainnya akan gugur dalam seleksi,” lanjutnya.

Setelah dilakukan deklarasi damai maka tinggal dilakukan pengawasan sambil menunggu pelaksanaan Pilkades. Masyarakat juga dilibatkan membantu sebagai bagian dari menyukseskan gelaran pesta demokrasi desa.

Camat Kartasura Suyatman mengatakan, di wilayahnya ada tiga desa yang menyelenggarakan Pilkades yakni di Desa Gumpang, Desa Pabelan dan Desa Ngemplak. Untuk Desa Gumpang dan Desa Pabelan menjadi sorotan karena rawan terjadi kerusuhan.

Mengantisipasi hal itu maka seluruh bakal calon kepala desa diminta untuk membantu menjaga kondusifitas daerah. Mereka diminta wajib menjaga pendukungnya agar tidak berbuat anarkis. “Seluruh bakal calon kepala desa di Kecamatan Kartasura sudah sepakat melakukan Pilkades damai,” ujarnya.

Bakal Calon Kepala Desa Gumpang Dwi Nuryanto mengatakan, sudah melakukan deklarasi damai menghadapi Pilkades. Deklrasi dilakukan oleh delapan bakal calon kepala desa. (Mam)

BERITA REKOMENDASI