Balerante Menuju Desa Wisata

KLATEN (KRjogja.com) – Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten berbenah untuk menjadi desa wisata di kawasan Lereng Merapi. Berbagai program telah dipersiapkan, dan diharapkan akan mendapat sambutan serta dukungan dari pemerintah maupun pihak swasta.

Perangkat Desa Baleranrte, Jainu, Selasa (06/09/2016) mengemukakan Selain potensi keindahan alam natural dengan view Gunung Merapi, Balerante juga memiliki museum erupsi yang menyimpan berbagai barang antik yang terbakar “wedus gembel”, batik Merapi , dan ragam budaya khas seperti jathilan.
Alam Balerante menawarkan pemandangan indah dan pengalaman menantang bagi para petualang.

Guna mewudjudkan impian tersebut pemerintah Desa Balerante terus berbenah baik pembangunan fiisk maupun non fisik. Pembangunan akses jalan terus dikebut, agar perjalanan menuju desa 4 kilometer dari puncak Merapi itu menjadi nyaman.

Kendati berada di kawasan rawan bencana di lereng Gunung Merapi, Balerante sekarang merupakan salah satu desa maju di Kabupaten Klaten. Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, desa rawan dampak erupsi tersebut telah meliki hotsport area.

Sebelumnya juga telah menjadi desa pelopor penggunaan Sistem Informasi Desa (ID) yang kini menjadi salah satu program nasional. "Sudah sekitar dua bulan memasang WiFi di kantor desa. Internet  tidak dipassword sehingga bisa diakses warga secara umum. Warga bisa pakai secara gratis," kata Jainu.

Dengan pemasangan WiFi tersebut, Kantor Desa Balerante setiap hari selalu ramai dengan warga. Bukan hanya sebagai salah satu cara megajarkan pada warga agar lebih melek pada teknologi informasi, hal itu juga dimaksudkan untuk lebih mendekatkan hubungan antara pemerintah dengan dengan warga. (Sit)
 

BERITA REKOMENDASI