Bangun 5 Pasar Tradisional, Disiapkan Rp16,6 Miliar

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak lima pasar tradisional akan dibangun pada tahun 2019 ini oleh Pemkab Sukoharjo. Anggaran yang disediakan sekitar Rp 16,6 miliar. Pasar tersebut yakni Pasar Mulur di Kecamatan Bendosari, Pasar Carikan dan Pasar Cuplik di Kecamatan Sukoharjo Kota, Pasar Ngaliyan di Kecamatan Tawangsari dan Pasar Sraten di Kecamatan Gatak.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Kamis (7/2) mengatakan, Pemkab Sukoharjo tetap melanjutkan program pembangunan pasar tradisional secara bertahap setiap tahun. Sejak sekitar tahun 2012 – 2018 sudah ada 17 pasar tradisional dibangun Pemkab Sukoharjo. Sedangkan tahun 2019 direncanakan ada sebanyak lima pasar tradisional akan dibangun.

Pembangunan terhadap pasar tradisional dilakukan Pemkab Sukoharjo sebagai bentuk perhatian kepada pedagang kecil. Selain itu juga memberi tempat layak baik bagi pedagang maupun masyarakat atau pembeli saat berbelanja di pasar. Dengan demikian maka pasar menjadi ramai dan ekonomi pedagang akan terangkat.

Pasar tradisional yang akan dibangun terlebih dahulu harus memenuhi beberapa syarat. Salah satunya seperti kondisi bangunan pasar sudah tidak layak atau tua sehingga berpengaruh pada kekuatan dan rawan ambruk. Pertimbangan lainnya yakni karena tingginya kebutuhan mengingat di pasar tradisional tersebut sangat ramai aktifitas pedagang dan pembeli.

“Komitmen Pemkab Sukoharjo terhadap pembangunan pasar tradisional terus dilakukan termasuk pada tahun 2019 ini dengan berencana membangun lima pasar tradisional,” ujarnya.

Setiap tahun Pemkab Sukoharjo dipastikan selalu melaksanakan pembangunan pasar tradisional dengan menyediakan sejumlah anggaran. Seperti pada tahun 2018 lalu telah selesai dilaksanakan pembangunan terhadap empat pasar tradisional. (Mam)

BERITA REKOMENDASI