Banjir Kepung Klaten

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Banjir melanda sejumlah desa di wilayah Kabupaten Klaten, Rabu (03/02/2021) malam. Air dengan ketinggian bervariasi hingga mampir satu meter merendan pemukiman dan persawahan.

Kepala Desa Kupang Kecamatan Karangdowo, Sutari disela pantauan kondisi banjir di wilayahnya mengemukakan, banjir merata dari RT 1 hingga RT 21, dengan ketinggian air berkisar antara 30 cm hingga 75 cm. Air bah tidak hanya merendam rumah warga, melainkan juga gedung sekolah, bahkan juga kantor Balai Desa Kupang.

Banjir yang masih terus meningi hingga Rabu malam sekitar pukul 21.40 WIB, juga masuk ke dalam rumah-rumah warga. Banjir diakibatakan hujan deras yang terjadi selama beberapa jam, mengakibatkan sungai meluap dan memasuki perkampungan.

“Sawah sebelah timur Dukuh Goprayan seperti lautan. Air banjir juga masuk rumah-rumah warga jumlahnya mencapai puluhan, karena kebanyak pondasi sudah ditinggikan,” kata Sutari.

Sri Hartini, guru SD Negeri 2 Kupang mengatakan, gedung sekolah juga kebanjiran. Namun demikain, para guru sudah mengamankan arsip-arsip penting. “Dari pengalaman banjir sebelumnya, sekarang buku-buku dan arsip penting sudah diamankan,” kata Sri Hartini.

Ny Semi warga Jimbung Kulon, Desa Jimbung mengatakan, banjir juga melanda desa setempat dan memasuki perkampungan. “Air kena rumah, di RT 1 RW 1 tinggi sampai lutut,” kata Ny Semi.

Hal demikian juga dikatakan oleh Sukoco dan Sarwono, warga Dukuh Jonayan, Jimbung. Di dukuh ini air banjir juga sempat masuk ke beberapa rumah warga. (Sit)

BERITA REKOMENDASI