Bareng Aqua, Instiper Kawal Pelestarian Keanekaragaman Hayati di Klaten

Editor: Agus Sigit

KLATEN, KRJOGJA.com –  Instiper Yogyakarta bersama Aqua Klaten dan Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan Klaten menggelar pelatihan virtual bertajuk Virtual Training and Actual Training (VTAT) 2021, Biodiversity Monitoring, Rabu (18/8/2021) lalu. Komitmen melindungi keanekaragaman hayati menjadi latarbelakang kegiatan tersebut dilaksanakan.

Nanda Satya, salah satu perwakilan Instiper dalam agenda tersebut mengatakan program virtual ini menjadi awal baik karena semua unsur terlibat mulai dari akademisi, pemerintah daerah, perusahaan, masyarakat dan komunitas. Seluruh elemen bersepakat melakukan perlindungan keanekaragaman hayati dimulai dari Klaten dan nantinya bergerak ke wilayah lainnya.

“Kami mengapresiasi Aqua Klaten yang berkomitmen melakukanperlindungan keanekaragaman hayati, salah satunya dengan adanya laboratorium keanekaragaman hayati dengan nama Taman Keanekaragaman Hayati AQUA Klaten yang terletak di Polanharjo. Kawasan ini diperuntukkan sebagai kawasan perlindungan flora dan fauna asli lokal dan langka yang saat ini sudah terkoleksi sebanyak 230 jenis. Kawasan ini juga terbuka sebagai objek penelitian dan edukasi sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap keilmuan dalam perlidnungan keanekaragaman hayati,” ungkapnya dalam rilis yang diterima KRjogja.com, Jumat (20/8/2021).

Selain daring, beberapa pegiat melakukan pertemuan luring terbatas untuk Bird monitoring bersama peneliti burung sekaligus pendiri Jagarimba.id, Yohanes Jehabut. Yohanes mengamati perilaku burung bersama siswa di beberapa sekolah Klaten.

BERITA REKOMENDASI