Baru 72 Persen, Perusahaan Besar Tunggak PBB

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sampai akhir Agustus realisasi pelunasan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) Tahun 2018 baru mencapai 72 persen. Sisa 28 persen dikebut petugas dengan melakukan penarikan pembayaran sebelum jatuh tempo pada 30 September mendatang. Dari sekian yang belum melunasi pajak didominasi perusahaan besar.

Kepala Badan Keuangan Daerah Sukoharjo RM Suseno Wijayanto, Minggu (9/9) mengatakan, data yang masuk sampai akhir Agustus memang masih belum sesuai harapan karena baru masuk 72 persen. Pada awal September ini diharapkan ada peningkatan pelunasan pembayaran dari sejumlah wajib pajak. 

"Harapannya sebelum batas akhir pembayaran bisa terealisasi pelunasan 100 persen. Dengan demikian maka wajib pajak yang belum melakukan pelunasan bisa terhindar dari sanksi denda."

Dari sejumlah wajib pajak yang belum melunasi PBB mayoritas didominasi perusahaan besar. Hal itu diketahui dari data terakhir per akhir Agustus banyak perusahaan besar belum membayar PBB. Karena itu Badan Keuangan Daerah Sukoharjo mengambil langkah dengan mengirimi surat pada sejumlah perusahaan besar. Isinya surat tersebut yakni permintaan pelunasan pembayaran PBB secepatnya sebelum jatuh tempo 30 September mendatang.

Seno mengatakan, banyak perusahaan besar di Sukoharjo sengaja membayar PBB pada saat menjelang batas akhir. Hal itu diketahui setiap tahun karena kebiasaan perusahaan berkaitan dengan keuangan. Petugas sudah sering meminta pada perusahaan besar untuk merubah pola dengan langsung membayar PBB begitu keluar SPPT namum permintaan tersebut sering diabaikan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI